Kompas.com - 07/01/2013, 14:14 WIB
EditorReza Wahyudi

theverge.com


KOMPAS.com —
Setelah bocorannya beredar selama beberapa waktu, Nvidia pada Minggu malam (6/1/2013) waktu AS atau Senin pagi waktu Indonesia, resmi memperkenalkan prosesor mobile Tegra 4, penerus Tegra 3 yang antara lain digunakan di tablet Google Nexus 7 dan smartphone HTC One X.

Prosesor ini merupakan yang pertama kali menerapkan (4 buah) core CPU berbasis arsitektur ARM A15. Keempat core CPU dalam Tegra 4 dipadukan dengan 72 core GPU yang diklaim bisa memberikan kinerja hingga enam kali lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya, Tegra 3.

"Tegra 4 adalah prosesor mobile terkencang di dunia saat ini," ujar CEO Nvidia Jen-Hsun Huang dalam konferensi pers pada ajang CES 2013 yang memuat perkenalan Tegra 4, seperti dikutip dari The Verge.

Dia mengklaim Tegra 4 lebih kencang daripada prosesor Apple A6X dalam iPad generasi keempat.

theverge.com

Fitur andalan lain adalah kompatibilitas dengan teknologi 4G LTE dari Nvidia dan dukungan Nvidia Computational Photography Architecture yang memungkinkan pengguna mengambil gambar foto High Dynamic Range (HDR) dalam satu kali jepretan, yang disebut sebagai Nvidia One Shot HDR.

Lebih tepatnya, kamera pada perangkat Tegra 4 mengambil dua gambar dalam waktu 0,2 detik untuk dikombinasikan menjadi sebuah gambar dengan retang dynamic range yang luas. "Jauh lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 5 yang membutuhkan waktu 2 detik," ujar Jen-Hsun.

Kecepatan pengambilan gambar ini diklaim bisa menghilangkan masalah bayangan pergerakan obyek yang kerap muncul pada foto HDR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.