Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CES: Dari CD-ROM ke Justin Bieber

Kompas.com - 08/01/2013, 14:58 WIB

(Dok. CES 2013/CEA) Kalangan media mengunjungi CES Unveiled, acara resmi sebelum CES 2013 resmi dibuka di Las Vegas, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Kembali ke tahun 1995 - dan bahkan sebelumnya - Consumer Electronics Show (CES) dari Las Vegas selalu menjadi ajang yang harus dikunjungi untuk melihat perubahan terbaru di dunia elektronik dan gadget.

CES pertama diadakan di tahun 1967, tetapi baru pada 1995 acara ini berisikan semua tentang dunia komputer rumah.

Di acara ini orang-orang tertarik dengan video game, CD ROM, parabola, dan jam tangan yang mampu berbicara dengan komputer dan sebaliknya.

Beberapa jenis gadget akhirnya terus tampil, sedangkan beberapa lainnya hanya muncul sekali di ajang CES dan tidak pernah hadir kembali.

Tahun 2008, semuanya tentang ukuran dan berat, saat perangkat yang sudah familiar seperti mobile phone menjadi lebih tipis dan kecil.

Giorgio Armani, seorang desainer asal Italia, menggabungkan kekuatan dengan Samsung Electronics untuk mendesain sebuah mobile phone yang memiliki ukuran seperti sebuah kartu kredit dan hanya memiliki ketebalan 10,5 milimeter.

Di 2008, dalam pidato terakhirnya di ajang CES, Bill Gates, Chairman dari Microsoft, memberikan spekulasinya mengenai teknologi di masa yang akan datang.

Gates menunjukkan kepada para pengunjung, teknologi "mobile navigator" terbaru perusahaan tersebut yang mampu digunakan untuk mendapatkan informasi saat perangkat tersebut diarahkan ke orang atau tempat.


"Jadi, saat saya berjalan, saat saya melihat orang-orang yang berbeda atau melihat pemandangan, (perangkat) itu benar-benar akan membantu saya. Jadi, saat saya melihat Anda, perangkat ini akan mengingatkan bahwa Anda berhutang uang kepada saya. Namun, saat saya mengarahkan perangkat ini ke teater ini, hal lain yang akan dikenali, dan faktanya perangkat ini akan langsung memberitahukan saya film apa yang sedang diputar di sana, mungkin tiket dan bangku yang tersedia."

Perusahaan hardware, Alienware meluncurkan layar komputer melengkung, yang didesain untuk membawa pengalaman bermain game ke tingkat yang baru.

Bagi yang menginginkan tempat menyimpan senjata setrum (taser) dengan kemampuan untuk memainkan musik, sarung (holster) baru dari Taser International ada di acara ini.

Holster ini juga dilengkapi dengan pemutar file MP3 dengan kapasitas 1GB.

Perusahaan tersebut, yang juga menjual senjata elektronik kepada lembaga penegak hukum dan militer, telah meningkatkan penawaran produk konsumen dengan Taser.

Taser terbaru - dalam desain macan tutul menyediakan "fashion with a bite", fashion yang "mengigit".

Untuk konsumen dengan pikiran yang "green", ada penawaran tas solar dari Voltaic System.

Halaman:
Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com