Situs "Galang Dana" Kickstarter Sukses Kumpulkan Rp 3 Triliun

Kompas.com - 09/01/2013, 14:23 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Situs crowdfunding Kickstarter mengawali tahun 2013 dengan melampirkan laporan mereka selama 2012. Hasilnya sungguh spektakuler, uang sebanyak 319 juta dollar AS (sekitar Rp 3,1 triliun) berhasil dikumpulkan dari 2,2 juta orang berbeda untuk membiayai 18.109 proyek selama satu tahun.

Dari dana yang terkumpul, ternyata proyek yang berkaitan dengan game nominalnya paling besar diantara kategori lainnya dengan meraih 83 juta dollar AS dari 911 proyek sementara jumlah proyek paling banyak untuk kategori musik sebesar 5.067 proyek dengan 34 juta dollar AS.

Salah satu proyek yang mengawali tren sumbangan untuk kategori game berasal dari proposal Double Fine Adventure yang berencana menggarap game genre Point-and-Click yang pernah berjaya pada tahun 1990 melalui penerbit Lucasgames. Target 400.000 dollar AS langsung dipenuhi delapan jam
sejak proposal itu diunggah dan mereka berhasil meraup 3,3 juta dollar AS di akhir masa pengumpulan dari 87.142 penyumbang.

Ada pula konsol berbasis Android, Ouya, yang berhasil dibiayai berkat 63.416 penyumbang sehingga mengumpulkan 8,5 juta dollar AS dari target semula 950.000 dollar AS. Game yang bertujuan untuk melamar pernah dilakukan dan meraup 4.690 poundsterling dari 285 orang.

Kickstarter tidak hanya berbicara tentang game, ada beberapa pencapaian yang diraih situs ini seperti mendanai 10 persen dari peserta kompetisi film Sundance, film "Incident in New Baghdad" yang
dibiayai Kickstarter dinominasikan untuk mendapat Piala Oscar, membangun sebuah halte di Kota Athens, Georgia, Amerika Serikat, berhasil membiayai pertunjukan opera di Kennedy Center, dan penemuan detektor tingkat radiasi di Jepang.

Beberapa statistik sederhana dari angka yang diraih selama tahun 2012, seperti setiap menit ada sumbangan sebesar 606 dollar AS yang mengucur dari masyarakat untuk membiayai sebuah proyek. Dari 2,2 juta penyumbang proyek, 570.672 orang menyumbang dua proyek atau lebih, 50.047 orang
menyumbang 10 proyek atau lebih dan 452 orang menyumbang 100 proyek atau lebih.

Dengan pencapaian ini, bisa diperkirakan bahwa crowdfunding bisa dibilang masih berpeluang di tahun 2013.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.