Kompas.com - 11/01/2013, 07:33 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


KOMPAS.com - Samsung ingin membuat smart TV bertambah pintar. Caranya, seperti yang ditunjukkan produsen elektronik asal Negeri Ginseng itu di pameran CES 2013, adalah dengan melengkapi sejumlah model TV barunya dengan prosesor quad-core.

Dengan komponen yang mumpuni tersebut, televisi baru Samsung diharapkan bakal mampu melakukan tugas-tugas rumit yang tak sanggup dikerjakan oleh TV pintar lain.


Tentu, kemampuan tinggi tersebut tak ada artinya kalau tidak disertai perangkat lunak yang memanfaatkannya. Sebab itulah Samsung turut merombak antarmuka model-model TV pintar yang bersangkutan.

Interface Smart Hub pada televisi-televisi ini menampilkan lima panel dinamis yang dilengkapi thumbnail untuk mempermudah navigasi pengguna. Seperti Netflix, televisi akan mempelajari kebiasaan menonton pengguna lalu merekomendasikan acara yang sesuai minat.

Salah satu model  TV quad-core yang dipamerkan Samsung adalah S9 Ultra High Definition. Perangkat ini sanggup menampilkan video ber-resolusi 4K dan datang dalam dua pilihan ukuran ekstra lega: 85 inci dan 110 inci.

Upgrade dengan "kaset game"

Inovasi lainnya seputar televisi yang turut diperkenalkan Samsung adalah "Smart Evolution" di mana produsen ini akan merilis kit komponen yang memungkinkan pengguna meng-upgrade set TV miliknya.

Upgrade ini berlaku untuk model-model smart TV samsung yang dirilis mulai tahun 2012. Pengguna nantinya bisa mencopot modul board di bagian belakang televisi dan menggantinya dengan modul baru.

Kelebihan yang bisa didapatkan melalui upgrade mencakup hardware yang lebih powerful serta software yang lebih baru.

Caranya pun mudah karena samsung mengemas modul board dalam bentuk serupa kaset game jaman dulu. Pengguna cukup menancapkannya seperti memasang cartridge ke konsol game, dan hardware baru untuk TV yang lebih pintar pun siap dipakai.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.