Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2013, 09:33 WIB
EditorReza Wahyudi

traintraveling.com

KOMPAS.com — Seorang remaja berumur 13 tahun yang sedang berjalan-jalan dengan kereta turis di Selandia Baru tiba-tiba menarik rem darurat sehingga menghentikan seluruh kereta.

Rupanya, Spencer Sutherland Todd, si remaja asal Dunedin, Selandia Baru, itu tak sengaja menjatuhkan iPhone miliknya selagi mengeluarkan gadget tersebut dari jendela untuk memotret pemandangan.

Ketimbang pasrah menerima kehilangannya, Todd lebih memilih menarik rem darurat yang mengejutkan semua penumpang.

"(iPhone) Itu sangat penting untuk saya. Saya lalu panik dan menarik rem darurat," ujarnya pada Otago Daily Times, seperti dikutip oleh Huffington Post.

Banyak kereta—termasuk kereta bawah tanah—memang dilengkapi dengan sistem rem darurat. Namun, rem ini hanya boleh dipakai ketika ada situasi yang mengancam nyawa manusia atau keadaan darurat lainnya.

Meski begitu, toh ada saja yang memakai rem darurat ini untuk keperluan lain, bahkan sekadar iseng. New York Metro Transit, misalnya, tiap tahun mencatat sekitar 1.000 kasus penarikan rem dalam situasi yang tidak darurat.

Rem darurat tak boleh dipakai sembarangan karena kereta yang berhenti mendadak bisa melukai penumpang di dalamnya, atau bahkan mengganggu layanan kereta di jalur rel yang bersangkutan.

Beruntung buat Todd, ceritanya berakhir bahagia. iPhone kepunyaannya yang jatuh kemudian dicari dan ditemukan. Penumpang kereta lain turut bersorak bahagia ketika perangkat gadget itu diserahkan kepada pemiliknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.