Kompas.com - 15/01/2013, 12:03 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Peperangan perangkat tablet Android dengan harga yang bersahabat akan semakin seru di tahun 2013. Setelah Acer mengumumkan tablet dengan harga sekitar Rp 1,5 juta, kini giliran Asus bersiap melakukan hal serupa.

Dikutip dari Pocket Lint, Senin (14/1/2013), Asus telah memperkenalkan perangkat tablet seharga 149 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 juta. Produk yang akan hadir di pasaran negara berkembang pada bulan Januari 2013 tersebut dinamakan MeMO Pad.

Tahun 2012 lalu, Asus, bersama Google, telah membuat perangkat tablet Android murah lainnya yang dinamakan Nexus 7. Perangkat yang satu ini dibanderol dengan harga 199 dollar AS. Perangkat tersebut mendapat respons sangat positif di pasaran, terlihat dari larisnya Nexus 7 di pasaran.

Dengan harga yang lebih murah, MeMO Pad akan hadir dengan spesifikasi sedikit di bawah Nexus 7. Produk tersebut akan menggunakan prosesor WM8950 1 GHz dari VIA, RAM 1 GB, media penyimpanan berkapasitas 8 GB/16 GB, kamera 1 megapiksel di bagian depan, dan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.

Selain itu, MeMO Pad dilengkapi WiFi 802.11b/g/n, slot MicroSD yang dapat diisi dengan kartu berkapasitas hingga 32 GB, gratis Asus Web Storage sebesar 5 GB, headphone jack 3,5 mm, dan port Micro-USB.

Asus menjelaskan produk ini hanyalah "tablet-only" yang artinya tidak akan dilengkapi dengan docking keyboard. Jika ingin mencari produk dengan komponen tersebut, pengguna lebih disarankan untuk membeli Nexus 7 atau Transformer Prime.

Sebelumnya, di ajang CES 2013, perusahaan gadget asal Taiwan lainnya, Acer, telah meluncurkan tablet Android murah yang dinamakan Iconia B1. Perangkat ini juga dibanderol seharga 149 dollar AS.

Spesifikasi yang diusung B10 tidak jauh berbeda dari Asus MeMO Pad, yaitu prosesor 1,2 GHz dual-core dari Mediatek, RAM 512 MB, dan media penyimpanan berkapasitas 8 GB. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.