Kompas.com - 21/01/2013, 15:03 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Windows 8, sistem operasi terbaru Microsoft, resmi hadir di pasaran pada akhir Oktober 2012 lalu. Pada awal kehadirannya, Microsoft mematok harga promosi yang cukup terjangkau.

Namun, setelah promosi ini berakhir pada 31 Januari 2013 mendatang, harga Windows 8 dipastikan akan melonjak cukup tinggi.

Dikutip dari Mashable, Senin (21/1/2013), setelah Februari 2013, para konsumen harus membayar  sebesar 119,9 dollar AS untuk melakukan pembaruan sistem operasi ke Windows 8 versi standar. Sedangkan, bagi yang ingin meng-upgrade ke versi Pro harus merogoh kocek sebesar 199,9 dollar AS.

Perlu ditekankan, harga tersebut adalah bagi yang ingin meng-upgrade sistem operasi dari XP, Vista,  dan 7.

Sedangkan bagi yang membeli PC atau laptop dari vendor, dapat menggunakan Windows 8 versi System Builder. Versi yang biasanya digunakan untuk OEM ini dibanderol dengan harga 100 hingga 165 dollar AS.

Nah, jika ingin meng-upgrade ke Windows 8 dengan harga yang jauh lebih murah, Anda masih memiliki waktu hingga akhir Januari 2013.

Windows 8 Pro versi digital (unduh langsung dari situs Microsoft) dijual dengan harga 40 dollar. Sedangkan, Windows 8 Pro dalam bentuk DVD dijual dengan harga sekitar 70 dollar AS.

Hingga saat ini, Microsoft memang tidak pernah secara resmi mengumumkan hasil penjualan Windows 8. Namun, di sela-sela ajang CES 2013 pada awal Januari lalu, Tami Reller, Chied Financial Officer Microsoft, mengungkapkan Windows 8 telah laku terjual sebanyak 60 juta lisensi dan upgrade sistem operasi

Windows 8 dalam waktu 10 pekan sejak produk itu dirilis pada 26 Oktober 2012.

Berikut daftar harga Windows 8 setelah masa promosi usai:
- Windows 8 Pro upgrade edition (untuk pengguna Windows 7, Vista dan XP): 199,99 dollar AS
- Windows 8 (basic) upgrade edition (untuk pengguna Windows 7, Vista dan XP): 119,99 dollar AS
- Windows 8 Pro Pack (untuk pengguna Windows 8): 99,99 dollar AS
- Windows 8 Media Center Pack (untuk pengguna Windows 8 Pro): 9, 99 dollar AS
- Windows 8 System Builder (bagi yang ingin merakit PC sendiri): 100-165 dollar AS  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.