Kompas.com - 21/01/2013, 16:07 WIB
EditorReza Wahyudi

Microsoft


KOMPAS.com - Dua hari setelah Facebook mengumumkan fungsi pencarian Graph Search, mesin pencari Microsoft Bing sudah menawarkan kemampuan yang mirip.

Dikutip dari Cnet, Kamis (17/1/2013) lalu, Bing mengumumkan penambahan fitur untuk menampilkan status update berikut shared links, dan komentar dari Facebook yang terkait dengan pencarian yang dilakukan pengguna.

Informasi tersebut ditampilkan di kolom "Social Sidebar" di sisi kanan layar yang biasanya menampilkan hasil pencarian terkait dari jejaring sosial semacam Twitter dan Foursquare.

Kini kolom tersebut juga mampu menampilkan update status Facebook, juga foto-foto teman pengguna secara lebih detail.

www.bing.com Social Sidebar yang menampilkan hasil pencarian Facebook oleh search engine Bing


Sebelum Graph Search Facebook muncul, Bing hanya menawarkan hasil pencarian foto, tempat, orang-orang, dan interest yang berkaitan dengan pencarian pengguna.

"Kini, Bing bisa turut menarik konten termasuk update status, foto-foto, dan komentar yang terkait dengan pencarian pengguna. Alhasil, jumlah pencarian per-pengguna yang bisa diindeks oleh Bing naik jadi lima kali lipat," ujar wakil presiden korporat Bing Derrick Connell.

Meski dengan fitur baru ini, pihak Bing mengatakan bahwa privasi pengguna Facebook tetap terlindungi. Tidak semua data pengguna bisa muncul dalam pencarian seseorang secara otomatis, hanya yang diizinkan untuk konsumsi publik saja (lewat pengaturan dalam Facebook). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.