Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Jahat Digusur Duet Teknologi

Kompas.com - 07/02/2013, 16:02 WIB

(Symantec) Ilustrasi cara kerja Bamital.


KOMPAS.com  Dua perusahaan besar, Microsoft dan Symantec, bahu-membahu menggusur jejaring program jahat yang dijuluki Bamital.

Kedua perusahaan itu mengatakan telah bekerja sama untuk menghabisi komponen-kompenen yang diyakini vital terhadap operasional Bamital.

Symantec mengatakan, mereka telah melacak botnet (jejaring program jahat) ini sejak 2009. Kegiatan Bamital disebut cukup mengkhawatirkan.

Keluarga program jahat Bamital memiliki tujuan untuk membajak hasil pencarian pada mesin cari web, yang dilakukan oleh pengguna pada komputer yang terinfeksi.

Hal itu dilakukan Bamital untuk mengarahkan klik korbannya ke server command & control (C&C). Nah, oleh C&C itu, korban akan diarahkan situs yang dikendalikan pihak tak bertanggung jawab.

Bamital juga bisa menipu sehingga seakan-akan korbannya mengklik iklan tertentu. Hal ini dilakukan tanpa sepengetahuan korbannya.

Ujung dari aktivitas jahat ini tak lain adalah demi mendapatkan uang dari klik palsu tersebut, sebuah aktivitas yang dikenal sebagai clickfraud.

Diperkirakan, satu server Bamital pada periode enam minggu tertentu di 2011 meraup lebih dari 1,8 juta alamat IP. Hasilnya, ada sekitar 3 juta klik yang dibajak per harinya.

Diperkirakan, "uang haram" yang diraup dari aksi tersebut mencapai 1,1 juta dollar AS per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com