Warisan Steve Jobs untuk Startup

Kompas.com - 11/02/2013, 15:09 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Wikimedia/Matt Yohe/CC Steve Jobs

KOMPAS.com - Bagi para entrepreneur, sosok Steve Jobs ibarat “dewa” yang dipuja. Pendiri Apple Inc. yang meninggal dunia pada Oktober 2011 itu menginspirasi banyak orang. Inovasi-inovasi yang dibuatnya telah mengubah industri digital dan kehidupan banyak orang.

Perangkat-perangkat seperti iPod, iTunes, iPhone, dan iPad hanyalah beberapa “warisan” yang ditinggalkan Steve Jobs bagi generasi penikmat teknologi. Selain perangkat-perangkat cerdas itu, masih ada warisan lain yang lebih berharga, khususnya bagi para startup, pebisnis dan entrepreneur.

Revolusi Teknologi

Steve Jobs adalah seorang visioner, salah satu orang yang berperan penting dalam perkembangkan dunia komputer. Selain mengantar dunia memasuki era personal computer alias PC, Steve Jobs juga memimpin transformasi budaya manusia dalam menikmati musik (melalui iPod dan iTunes), menikmati film (melalui Pixar yang memulai film-film animasi 3D), serta dalam berkomunikasi dan mengakses informasi (melalui iPhone dan iPad).

Banyak produk pemutar musik telah beredar lebih dulu sebelum iPod, termasuk Walkman keluaran Sony. Namun, iPod yang baru dirilis pada tahun 2001 bisa merebut produk-produk itu. iPod, yang kemudian menjadi ikon musik Apple, juga masih bertahan hingga kini. Sementara iTunes, yang juga dimulai pada 2001, telah merevolusi industri musik digital. Toko musik online ini mengubah cara orang menjual, membeli, dan mendistribusikan musik.

Perangkat revolusioner berikutnya adalah iPad. Jika Apple tidak pernah merilis iPad, mungkin komputer tablet tidak akan jadi tren seperti sekarang ini. Teknologi layar sentuh sudah ditemukan sebelum iPad. Bahkan, sudah ada produsen lain yang merilis ebook reader dan komputer tablet.

Pada awal 2000-an, Microsoft pernah memperkenalkan Microsoft Tablet PC. Sementara Hewlett-Packard pernah merilis HP TouchPad. Namun kedua produk itu gagal meraih pasar.

Pada tahun 2010, Apple merilis iPad yang menyatukan beragam fungsi mobilitas—sebagai ebook reader, komputer, dan perangkat hiburan. Kehadiran iPad merevolusi industri digital.

Sebelumnya, pada tahun 2007, Apple juga merilis iPhone generasi pertama, perangkat yang mengawinkan fungsi komputer dan telekomunikasi mobile.

Kelahiran iPhone dan iPad menyulut kreativitas dalam industri digital. Apple menjadi kiblat para developer dan programmer dalam mengembangkan aplikasinya. Sekarang, sudah ada berapa banyak aplikasi yang terdaftar dalam App Store?

Tiga Karakter Pemimpin

Dalam situs blog Entrepreneur, Simon Sinek, penulis buku Start With Why: How Great Leaders Inspire Everyone To Act, setidaknya ada 3 karakter yang perlu dimiliki oleh para entrepreneur, yang ingin memimpin seperti Steve Jobs.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X