Kompas.com - 18/02/2013, 11:08 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Perusahaan BlackBerry membanderol BlackBerry Z10 16GB, telepon seluler (ponsel) berbasis sistem operasi BlackBerry 10 komersial pertamanya, versi kontrak dengan harga antara 150 dollar AS dan 200 dollar AS.

BlackBerry sendiri hingga saat ini masih belum mengumumkan harga Z10 versi tidak terikat kontrak (unlocked). Namun, diperkirakan, perangkat ini akan diluncurkan dengan harga tidak kurang dari 700 dollar AS atau sekitar Rp 7 juta.

Dari harga-harga tersebut, kira-kira berapa keuntungan yang diraih BlackBerry untuk sebuah Z10 16GB?

Dikutip dari Slahsgear, UBM Tech Insight menganalisis, BlackBerry harus mengeluarkan biaya produksi hingga 154 dollar AS untuk sebuah Z10 16GB. Apabila harga Z10 benar-benar dipatok di 700 dollar AS, BlackBerry akan mendapatkan keuntungan sebesar 546 dollar AS.  

Secara rinci, layar sentuh berukuran 4,2 inci yang ada di Z10 memiliki harga sekitar 26,5 dollar AS. Adapun prosesor 1,5 GHz dual-core dari Qualcomm dihargai 23,5 dollar AS, sementara kamera 8 megapiksel di bagian belakang dan 2 megapiksel di bagian depan memiliki total harga 15 dollar AS; sedangkan media penyimpanan berkapasitas 16 GB dibanderol 9 dollar AS.

Selain itu, komponen lain, termasuk baterai, chip jalur komunikasi, dan RAM dihargai sebesar 21 dollar AS. Casing dan komponen elektronik lainnya secara total memiliki harga 59 dollar AS.

Berdasarkan analisis harga produksi ini, diketahui bahwa harga produksi BlackBerry Z10 memang sedikit lebih tinggi dari iPhone 5. Sebagai catatan, iPhone generasi ke-6 Apple tersebut diproduksi dengan biaya sebesar 139 dollar AS.

BlackBerry beralasan, lebih mahalnya ongkos produksi tersebut disebabkan layar, resolusi, RAM, dan baterai Z10 yang lebih besar dari iPhone 5.

Baca juga:
Bos BlackBerry Ramalkan Kematian Laptop
Ini Dia, Desain Awal BlackBerry 10
Mengintip Rahasia "Keyboard" BlackBerry 10

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.