Kompas.com - 18/02/2013, 15:57 WIB
EditorReza Wahyudi

research in motion Kantor pusat BlackBerry di Kanada.

KOMPAS.com - BlackBerry kemungkinan akan menghentikan kegiatan bisnisnya di Korea Selatan mulai akhir Februari 2013 mendatang. Keputusan diambil setelah melihat buruknya tingkat penjualan perangkat BlackBerry di Korea Selatan.

Salah satu imbasnya, apabila BlackBerry benar-benar memutuskan untuk hengkang dari Korea Selatan, ponsel BlackBerry 10 tidak akan dijual di negeri K-Pop tersebut.  

Kabar ini diungkapkan oleh media asal Korea Selatan, Yonhap, berdasarkan informasi dari sumber industri telepon seluler (ponsel) Korea.

BlackBerry memang kalah bersaing di pasaran ponsel Korea. Warga Korea Selatan lebih gemar menggunakan ponsel merek asli asal Korea, seperti Samsung dan LG, ditambah produk iPhone buatan Apple.

Selain itu, di Korea sendiri, hanya ada satu operator, SK Telecom, yang memasarkan produk BlackBerry. Hal tersebut seperti ingin menunjukkan rendahnya minat konsumen terhadap perangkat BlackBerry.   

BlackBerry sudah mengeluarkan tanggapannya melalui situs teknologi The Next Web. Dalam pernyataannya ini, BlackBerry sedikit menyanggah kabar tersebut.

"BlackBerry menikmati hubungannya dengan partner, SK Telecom, dan kami akan terus mendukung penjualan BlackBerry yang dilakukan partner tersebut di Korea. Kami akan terus menyediakan layanan dan kegiatan after-sales untuk pengguna BlackBerry di korea, baik itu untuk konsumen biasa dan pengguna bisnis," jelas pihak BlackBerry.

BlackBerry dikabarkan masih melakukan diskusi dengan SK Telecom terkait kehadiran BB Z10 di Korea, tetapi hingga saat ini keduanya masih belum menemukan kata sepakat.

Sebelumnya, BlackBerry sudah menyatakan tidak akan menjual Z10 di salah satu negara raksasa elektronik lainnya, Jepang. Keputusan tersebut diambil mengingat kecilnya pangsa pasar BlackBerry di Jepang, yaitu hanya 0,4 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.