Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Hengkang dari Tanah Air Samsung?

Kompas.com - 18/02/2013, 15:57 WIB

research in motion Kantor pusat BlackBerry di Kanada.

KOMPAS.com - BlackBerry kemungkinan akan menghentikan kegiatan bisnisnya di Korea Selatan mulai akhir Februari 2013 mendatang. Keputusan diambil setelah melihat buruknya tingkat penjualan perangkat BlackBerry di Korea Selatan.

Salah satu imbasnya, apabila BlackBerry benar-benar memutuskan untuk hengkang dari Korea Selatan, ponsel BlackBerry 10 tidak akan dijual di negeri K-Pop tersebut.  

Kabar ini diungkapkan oleh media asal Korea Selatan, Yonhap, berdasarkan informasi dari sumber industri telepon seluler (ponsel) Korea.

BlackBerry memang kalah bersaing di pasaran ponsel Korea. Warga Korea Selatan lebih gemar menggunakan ponsel merek asli asal Korea, seperti Samsung dan LG, ditambah produk iPhone buatan Apple.

Selain itu, di Korea sendiri, hanya ada satu operator, SK Telecom, yang memasarkan produk BlackBerry. Hal tersebut seperti ingin menunjukkan rendahnya minat konsumen terhadap perangkat BlackBerry.   

BlackBerry sudah mengeluarkan tanggapannya melalui situs teknologi The Next Web. Dalam pernyataannya ini, BlackBerry sedikit menyanggah kabar tersebut.

"BlackBerry menikmati hubungannya dengan partner, SK Telecom, dan kami akan terus mendukung penjualan BlackBerry yang dilakukan partner tersebut di Korea. Kami akan terus menyediakan layanan dan kegiatan after-sales untuk pengguna BlackBerry di korea, baik itu untuk konsumen biasa dan pengguna bisnis," jelas pihak BlackBerry.

BlackBerry dikabarkan masih melakukan diskusi dengan SK Telecom terkait kehadiran BB Z10 di Korea, tetapi hingga saat ini keduanya masih belum menemukan kata sepakat.

Sebelumnya, BlackBerry sudah menyatakan tidak akan menjual Z10 di salah satu negara raksasa elektronik lainnya, Jepang. Keputusan tersebut diambil mengingat kecilnya pangsa pasar BlackBerry di Jepang, yaitu hanya 0,4 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com