Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Situs Konten Bajakan, Game 16 Bit Untung 100 Juta

Kompas.com - 21/02/2013, 13:52 WIB

KOMPAS.com - Langkah yang diambil duet pengembang game Jon Kittaka dan Sean Hogan terbilang berani atau malah nekat, mereka mempromosikan karyanya berjudul Anodyne ke situs torrent, The Pirate Bay. Diluar dugaan, situs yang dikenal sebagai penyalur konten bajakan itu justru mendongkrak penjualan game tersebut hingga dua kali lipat.

Itulah yang mereka lakukan, menggelar promo diskon untuk mengunduh game genre action-adventure bergaya Zelda zaman 16 bit menjadi harga minimal 1 dollar AS dari sebelumnya 9 dollar AS. Promo selama 72 jam itu ternyata berbuah manis, mereka berhasil mencatatkan 4.511 penjualan game saja dan 1.750 penjualan bundel game beserta soundtrack-nya.

Secara keseluruhan, mereka berhasil mengumpulkan 11.500 dollar AS (sekitar Rp 110 juta) dari promo dari tanggal 15 hingga 18 Februari.

Bila dibandingkan 10 hari silam sebelum promo tersebut diberlakukan, Kittaka dan Hogan dalam blog mereka mengatakan bahwa penjualan hanya bisa meraup penjualan 800-900 kali unduhan saja dengan harga 8 dollar AS. Dengan demikian, promo tersebut menghasilkan penjualan hingga dua kali lipat dibandingkan sebelumnya.

"Apakah promonya berhasil? Tentu saja! Kami mendapatkan pendapatan, pemain baru, maupun penggemar jauh lebih banyak sebelum promo digelar," ujar mereka dalam situsnya.

Dengan pendekatan yang diambil untuk memasarkan Androdyne, Kittaka dan Hogan menjungkirbalikkan stigma kebanyakan pihak terhadap perilaku pengguna situs torrent sebagai penyuka barang bajakan.

Seperti dalam perkenalan mereka di halaman torrent di Pirate Bay, keduanya mempersilahkan gamenya di-torrent. Namun, bagi siapapun yang bersedia membeli, Kittaka dan Hogan mempersiapkan promo dengan harga minimal 1 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com