Aplikasi Keyboard Android "SwiftKey" Paham Jawa dan Sunda

Kompas.com - 21/02/2013, 16:03 WIB
EditorReza Wahyudi

The Verge Aplikasi sistem keyboard SwiftKey 3 untuk Android

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi papan ketik virtual SwiftKey kini tersedia dalam versi keempat di toko aplikasi Google Play, sejak Rabu (20/2/2013). SwiftKey 4 makin memberi sensasi mengetik yang mengasyikan di perangkat Android.

Di SwiftKey 4 versi berbayar, selain mendukung bahasa Indonesia, ia juga mendukung bahasa Jawa dan Sunda. Menarik, bukan?

SwiftKey dapat mengoreksi dan memprediksi kata yang Anda ketik. Ia mengumpulkan data tentang kata yang Anda ketik. Kata-kata itu dikumpulkan dalam data SwiftKey secara anonim dengan algoritma khusus. Sehingga, SwiftKey bisa memprediksi kata apa yang akan Anda ketik selanjutnya, berdasarkan apa yang pernah Anda ketik di masa lalu.

SwiftKey Flow, adalah sebuah fitur baru yang ditawarkan di SwiftKey 4. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetik cepat dengan metode gestur tanpa harus mengangkat jari. Jadi, satu jari Anda cukup digeser dari satu huruf ke huruf lain. SwiftKey akan memprediksi kata selanjutnya berdasarkan konteks kalimat. Selain itu, Anda juga tak perlu mengangkat jari untuk menambah spasi.

"Itu sebabnya kami membangun SwiftKey untuk memahami konteks kata-kata, bukan hanya ejaan. Ia bekerja untuk kata selanjutnya dan menyesuaikan diri dengan Anda," kata Ben Medlock, pendiri sekaligus CTO SwiftKey dalam siaran persnya.

Aplikasi keyboard virtual yang mendukung 60 bahasa ini dijual dengan harga 2,14 dollar AS di Google Play. Bagi Anda yang telah menggunakan SwiftKey versi berbayar generasi sebelumnya, dapat melakukan upgrade dengan harga khusus.

Selain berbayar, SwiftKey juga menyediakan versi gratis. Namun, fitur yang diberikan pada versi gratis tentu berbeda dengan versi berbayar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.