Kompas.com - 22/02/2013, 19:35 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Smartphone Nexus 4 dibuat melalui kerjasama Google dengan LG, salah satu rekanan perangkat kerasnya yang memproduksi handset Android.

LG pun memiliki produk smartphone milik sendiri yang secara teknis sangat mirip dengan Nexus 4, yaitu  Optimus G yang sudah pada tahun 2012 lalu.

Smartphone ini akan mulai memasuki pasaran Indonesia pada 2 Maret 2013 mendatang. Pengguna yang bersiap meminang Nexus 4 pun bakal disuguhi pilihan baru yang boleh jadi lebih menggoda.

Nah, sebelum itu, kebetulan Kompas Tekno mendapat kesempatan menjajal kebolehan Optimus G. Seperti apakah andalan baru LG di segmen high-end ini?

Desain

lg_optimus_g_front2

Optimus G adalah perangkat yang kokoh. Itulah kesan yang langsung muncul begitu smartphone ini berada dalam genggaman. Bagian muka dan sisi belakang handset yang terasa solid ini dilapis Gorilla Glass anti-gores. Selain tangguh, kaca tersebut memberikan aksen mengkilap yang apik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

LG juga memberikan kesan minimalis dengan meniadakan tombol fisik di bagian depan. Lampu-lampu tombol "home", "back", dan "menu" yang berbentuk soft buttons akan menyala bagitu pengguna berinteraksi dengan smartphone.

Di luar itu, lampu-lampu tombol akan dimatikan sehingga Optimus G sekilas tampak seperti tidak memiliki tombol sama sekali di bawah layarnya.

lg_optimus_g_backs

Bezel yang membingkai layar 4,7 inci "True HD IPS Plus"  milik Optimus G berwarna hitam. Akan tetapi, bagian belakangnya tersedia dalam dua pilihan warna: hitam atau putih. Keduanya sama-sama tampil menarik dengan pola kotak-kotak "crystal reflection" dibalik lapisan kaca.

lg_optimus_g_sides

Tombol power pada Optimus G terletak di sisi kanan perangkat, sementara tombol pengatur volume dan tray micro-SIM card terletak di sisi sebaliknya. Di bagian atas dan bawah masing-masing terdapat konektor jack audio 3,5mm dan port micro-USB untuk keperluan charging dan transfer data

lg_optimus_g_sides2

Antarmuka

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.