Kompas.com - 23/02/2013, 15:29 WIB
EditorReza Wahyudi

BlackBerry Smartphone BlackBerry

KOMPAS.com - Pemerintah India dikabarkan telah menerima daftar detail PIN seluruh perangkat BlackBerry yang dikapalkan ke negara tersebut. Dengan menggunakan data ini, pemerintah India memiliki kesempatan untuk memonitor semua pesan yang dikirimkan antar-sesama pengguna perangkat BlackBerry.

Sebagai catatan, setiap perangkat BlackBerry memiliki PIN unik yang tidak dapat diganti dan akan selalu "melekat" ke ponsel tersebut. Para pengguna dapat menggunakan PIN untuk menambah daftar teman yang sama-sama menggunakan BlackBerry ke fitur BlackBerry Messenger.

Dikutip dari ZDnet, Jumat (22/2/2013), Departemen Telekomunikasi India melaporkan, telah memberi saran bagi pemerintah India untuk meminta daftar seluruh PIN BlackBerry yang dipasarkan secara global. Dengan "menguasai" daftar PIN di seluruh dunia, pemerintah India juga bisa melacak semua pesan yang masuk dan keluar dari India.

BlackBerry menolak permintaan yang satu ini dengan alasan privacy dan ketentuan hukum.

Pihak BlackBerry sendiri sudah dimintai keterangan mengenai masalah ini. Hastings Singh, Managing Director BlackBerry South Asia, berkata, ia tidak bisa berkomentar secara spesifik mengenai masalah PIN tersebut. Meski begitu, ia berjanji untuk selalu mematuhi peraturan hukum di negara mana pun.

Selama beberapa tahun belakangan ini, pemerintah India diketahui menekan produsen ponsel asal Kanada ini. Pemerintah India memiliki keinginan memonitor komunikasi antar pengguna BlackBerry, tetapi sedikit disulitkan dengan enkripsi yang dimiliki BlackBerry. BlackBerry akhirnya mengalah dengan membangun server di Mumbai, India. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.