Kompas.com - 23/02/2013, 20:54 WIB
EditorReza Wahyudi

wordpress.com Pyongyang

KOMPAS.com - Para wisatawan yang sedang berkunjung ke negara Korea Utara dalam beberapa hari mendatang mulai dapat berselancar di dunia maya dengan menggunakan jaringan 3G, sebuah fasilitas yang bahkan tidak dapat dinikmati warga asli negara tersebut.

Sebagai catatan, selama ini pemerintah Korea Utara menutup semua akses ke dunia maya untuk sebagian besar warganya agar tidak ada informasi dari dunia luar yang masuk ke negara tersebut. Hanya segelintir orang yang diperbolehkan mengakses dunia internet.  

Dikutip dari BBC, Sabtu (23/2/2013), Koryolink akan menjadi operator yang menyediakan layanan 3G ini. Menurut konsumen Koryolink yang tinggal di Pyongyang, ibukota Korea Utara, operator tersebut akan mulai meluncurkan layanan ini mulai 1 Maret 2013 mendatang.

Para wisatawan nantinya bisa membeli data plan bulanan untuk digunakan dengan modem USB atau membawa sendiri kartu SIM mereka.

Sebenarnya, warga asli Korea Utara sudah diizinkan untuk menikmati layanan jaringan 3G sejak 2008 lalu. Namun, penggunaannya sangat dibatasi oleh pemerintah pusat Korea Utara. Warga hanya bisa menggunakan fitur MMS, video call, dan membaca koran digital yang dikelola langsung oleh pemerintah.

Panggilan ke luar negeri, terutama ke negara tetangga, Korea Selatan, juga dilarang. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.