Kompas.com - 25/02/2013, 08:56 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

BARCELONA, KOMPAS.com – Setelah sekian lama diperbincangkan, akhirnya Mozilla meluncurkan Firefox OS, sistem operasi Firefox untuk perangkat mobile.  Peluncuran sistem operasi mobile anyar ini dilakukan di hadapan ratusan wartawan dari seluruh dunia di Barcelona, Spanyol, Minggu (24/2/2013) petang,  sehari sebelum pembukaan World Mobile Congress di kota itu.

"Firefox OS membawa kebebasan dan inovasi yang tak terbatas sebagai sistem terbuka bagi pengguna telepon seluler di seluruh dunia," ujar CEO Mozilla Gary Kovacs di Barcelona, Minggu.

Firefox OS berbasis HTML 5 dan merupakan sistem operasi yang  sepenuhnya terbuka.  Setiap fitur dalam Firefox OS dapat dikembangkan oleh para pengembang aplikasi.  Kovacs menerangkan, Firefox OS didesain sebagai sistem operasi yang indah, clean, intuitif, personal, dan mudah digunakan.

“Firefox OS memiliki semua yang dibutuhkan pengguna telepon pintar seperti panggilan telepon, pesan singkat, e-mail, kamera, fitur-fitur media sosial, dan tentu saja perambah Firefox. Anda akan menemukan pengalaman berbeda dengan sistem operasi baru ini,” paparnya.

Untuk memperkaya konten aplikasi, terang Kovacs, Mozilla telah menandatangani kerjasama strategis dengan sejumlah pengembang.  

"Dengan demikian konsumen akan mendapatkan pengalaman telepon pintar yang dinamis dan kaya. Kami menjanjikan sebuah sistem operasi yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan apa saja yang mereka sukai di internet, termasuk integrasi Facebook dan Twitter," kata Kovacs.

Ada tiga perusahaan yang telah memproduksi perangkat mobile berbasis sistem baru ini yaitu Alcatel, LG, dan ZTE.  Tahun ini, kata Kovacs, Huawei akan menyusul memproduksi telepon seluler berbasis Firefox OS.  Semua perangkat mobile itu menggunakan prosesor Snapdragon dan Qualcomm.

Bagi Anda yang tak sabar untuk mengetahui seperti apa sistem operasi baru ini, bersabarlah. Sebab, telepon selular  Firefox OS baru akan tersedia di Brazil, Colombia, Hungaria, Mexico, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.