Kompas.com - 25/02/2013, 09:44 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Produsen komputer Hewlett-Packard (HP) akhirnya mengadopsi sistem operasi Android. HP Slate 7, menjadi produk sekaligus perangkat tablet pertama dari HP yang memakai sistem operasi "robot hijau", yang diumumkan dalam Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, Minggu (24/2/2013).

Dalam balutan materi stainless stell dan plastik berukuran 7 inci, Slate 7 memiliki bobot 368 gram dan tebal 10,7mm. Layar sentuh jenis LCD mendukung resolusi 1.024 x 800 pixel. Ia berjalan dengan sistem operasi Android versi 4.1.2 (Jelly Bean).

Performanya ditopang oleh prosesor ARM dual-core Cortex-A9 kecepatan 1,6GHz dan RAM 1GB. Memori internal yang ditawarkan hanya 8GB, namun bisa diperluas dengan tambahan kartu memori eksternal MicroSD.

Ada dua kamera dalam Slate 7, yang belakang bersensor 3MP dan yang depan bersensor VGA. HP memberi pengeras suara stereo dengan sensasi BeatsAudio yang diklaim memberi suara detail dan dentuman bass yang lebih terasa.

Harga saingi Nexus 7

Dalam siaran persnya, pihak HP mengatakan Slate 7 akan tersedia di pasar Amerika Serikat pada April mendatang. Produk ini akan dibanderol 169 dollar AS. Harga tersebut lebih murah dibandingkan tablet Asus Google Nexus 7 yang dibanderol mulai 199 dollar AS di negeri Paman Sam tersebut.

Karena dibandeol dengan harga relatif murah, Slate 7 tidak dibekali slot SIM card untuk terkoneksi dengan jaringan internet 3G. Tablet ini mendukung jaringan nirkabel WiFi dan bluetooth.

Sebagai salah satu pemain besar dalam industri printer, HP membekali Slate 7 dengan aplikasi HP ePrint, yang memungkinkan pengguna mencetak dokumen atau foto di tablet secara nirkabel dengan printer HP yang juga mendukung jaringan nirkabel.

Cnet

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.