Kompas.com - 26/02/2013, 08:52 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

TizenTalk.com Smartphone yang berjalan dengan Tizen, sebuah sistem operasi mobile baru berbasis kernel Linux, yang dikembangkan oleh Samsung, Intel dan Linux

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan rencana untuk "membunuh" sistem operasi Bada, Senin (25/2/2013). Sistem operasi yang dibuat sendiri oleh Samsung itu akan digabungkan dengan Tizen.

Tizen merupakan proyek sistem operasi bersifat terbuka (open source) yang dibangun di atas inti program (kernel) Linux. Tizen dikembangkan oleh Samsung, Intel dan Linux Foundation sejak pertengahan 2012.

Presiden Pusat Solusi Media Samsung, Hong Won-pyo mengatakan, Samsung akan merilis dua perangkat Tizen dalam beberapa tahun ini. Ponsel Tizen nantinya dapat menjalankan aplikasi yang dirancang untuk ponsel Bada. Namun, ponsel Bada tak akan bisa memperbarui sistem operasi menuju Tizen.

Samsung nampaknya memandang Bada sudah usang, dan tak cocok menjadi ponsel pintar modern. "Jangan melihat ini sebagai merger sederhana. Lebih baik kita melihat ini sebagai transisi menuju layanan yang lebih baik," ujar Hong Won-pyo kepada kantor berita Yonhap.

Sistem operasi Bada telah melewati beberapa tahap pengembangan. Mulanya versi 1.0 dirilis pada 30 April 2012 dengan kode nama Larkspur. Kemudian pada 25 September 2012, Tizen versi 2,0 berstatus alpha dirilis dengan kode nama Magnolia. Rencananya, Tizen 2.0 versi penuh akan dirilis pada Januari 2013.

Bukan hanya untuk ponsel pintar dan tablet saja, Tizen juga dirancang untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tizen telah mendapat beberapa dukungan dari berbagi pihak. Ia dapat dukungan dari operator seluler Sprint Nextel asal Amerika Serikat pada 7 Mei 2012, yang berkomitmen turut menjual produk Tizen di masa depan. The Automotive Grade Linux Workgroup, yang notabene adalah pemain dalam teknologi otomotif, juga menyatakan diri bergabung dalam Tizen Association.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.