Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Pakai Facebook untuk Tebar Informasi dan Jualan

Kompas.com - 26/02/2013, 11:13 WIB

Dokumentasi XL Axiata XL Axiata merilis aplikasi myXL Store dalam platform Facebook

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata merilis aplikasi myXL Store dalam platform situs jejaring sosial Facebook, Senin (25/2/2013). Meski memanfaatkan Facebook, tapi myXL Store bisa digunakan untuk mengetahui berbagai jenis informasi layanan XL dan membeli konten digital.

Direktur Technology & Digital Services XL, Dian Siswarini mengatakan, Facebook adalah sarana terbaik untuk mendekatkan XL kepada pelanggan. Banyak pengguna Facebook di Indonesia yang menghabiskan waktunya di jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu.

"Di Indonesia ada 50 juta orang yang menggunakan Facebook. Sekitar 30 persen dari jumlah itu, menggunakan jaringan internet XL. Karena itulah kita membuat aplikasi myXL Store di Facebook," kata Dian dalam jumpa pers di Jakarta.

Pelanggan XL yang memiliki akun Facebook dapat memanfaatkan myXL Store untuk mengecek paket internet yang digunakan, sisa pulsa, masa aktif, cek kuota internet, hingga mengetahui status RBT serta layanan bernilai tambah (value added service/VAS) dari XL.

Selain itu, myXL Store juga bisa digunakan untuk membeli konten digital. Pembayarannya bisa dilakukan dengan metode potong pulsa dari nomor telepon yang didaftarkan pelanggan di myXL Store.

Langkah XL membuat aplikasi di Facebook ini, merupakan jalan pintas ketimbang mereka harus membuat situs web tersendiri sebagai media informasi kepada pelanggan. XL tak perlu lagi membangun trafik pengunjung situs web. Jika ada salah satu pengguna yang memberi like pada halaman myXL Store, maka aktivitasnya itu akan terpampang di timeline temannya.

Selain XL, operator seluler Axis juga telah memanfaatkan aplikasi Facebook untuk layanan pengaduan dan gangguan dari pelanggan (customer service). Aplikasi yang diberi nama Ask Axis itu diklaim melayani selama 24 jam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com