Microsoft Ungkap Statistik Aplikasi Windows Phone

Kompas.com - 26/02/2013, 16:14 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Microsoft mengumumkan beberapa statistik aplikasi Windows Phone di sela-sela pesta gadget Mobile World Congress 2013 yang tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Salah satu statistik yang paling menarik perhatian adalah jumlah aplikasi Windows Phone yang telah tersedia di toko aplikasinya. Microsoft menyatakan, saat ini sudah terdapat sekitar 130.000 aplikasi dan game yang bisa diunduh pengguna dari Windows Phone Store.

"Aktivitas di Windows Phone Store mengalami peningkatan yang signifikan, tertinggi dalam sejarah kami, pengunduhan aplikasi naik 75 persen, pendapatan dari aplikasi berbayar naik 91 persen, dan tercatat terdapat lebih dari 1 miliar transaksi," tulis Head of Windows Phone App Ecosystem Todd Brix di blog resmi Windows Phone Developer, Senin (25/2/2013).

Selain itu terdapat peningkatan jumlah rata-rata aplikasi yang diunduh oleh pengguna. Satu pengguna tercatat rata-rata mengunduh aplikasi di Windows Phone Store sebanyak 55 kali. Tingginya angka ini berkat aplikasi-aplikasi populer, seperti WhatsApp, Facebook, dan Twitter.

Jumlah aplikasi yang meningkat drastis tak lepas dari peran para pengembang aplikasi atau developer dari seluruh dunia. Jumlah developer Windows Phone, diklaim Microsoft, bertambah sebanyak 40.000 orang dalam kurun waktu 90 hari setelah peluncuran Windows Phone 8.

Microsoft mengatakan, Windows Phone 8 SDK alias tools pengembangan aplikasi Windows Phone 8 pun telah diunduh sebanyak 500.000 kali sejak diluncurkan empat bulan lalu.

Untuk membantu developer memantau aplikasi yang telah masuk ke Windows Phone Store, Microsoft menyediakan aplikasi Dev Center yang dapat diunduh dari link ini.

Aplikasi ini memungkinkan tim developer memantau jumlah unduhan aplikasi buatannya tanpa perlu masuk ke situs Dev Center. Selain itu, disajikan pula statistik aplikasi, seperti jumlah crash, pembayaran, dan metriks lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.