Nyalakan Motor Bisa dengan Ponsel

Kompas.com - 27/02/2013, 14:40 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com  Pameran Mobile World Congress 2013 yang telah berlangsung sejak Senin (25/2/2013) di Barcelona, Spanyol, ini banyak menampilkan pemanfaatan ponsel pintar untuk berbagai kegiatan di luar fungsi utamanya.

Misalnya, ponsel pintar bisa digunakan untuk membayar tagihan restoran dan menyalakan sepeda motor dengan memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC).

Perusahaan komunikasi asal Korea, KT, menampilkan alat pembayaran untuk restoran berbasis NFC dengan tablet dan ponsel pintar yang disebut "Cloud Pad Pos".

Seperti dilaporkan wartawan Kompas.com, Heru Margianto, KT mengembangkan sebuah aplikasi manajemen pembayaran yang dapat diunduh dalam tablet pemilik restoran.

Tablet itu cukup ditaruh di atas "Cloud Pad Pos". Tablet juga dapat bekerja nirkabel, tanpa perlu ditaruh di atas alat itu. Aplikasi tersebut dapat mencatat seluruh transaksi, daftar menu, daftar pesanan, dan nomor meja pelanggan.

Saat membayar, pelanggan dapat menggunakan kartu kredit atau meletakkan ponsel yang telah dilengkapi teknologi NFC di atas alat tersebut. Tanda tangan, lalu struk pembayaran tercetak.

pad pos 1 (Sebuah tablet berbasis sistem operasi android dengan aplikasi manajemen pembayaran restoran diletakkan di atas "Cloud Pad Pos". Di sisi "Pad Pos" adalah mesin pencetak struk berwarna hitam. Foto:Heru Margianto/Kompas.com)

pad pos 2 (Tempat menggesek kartu kredit. Foto:Heru Margianto/Kompas.com)

pad pos 3 (Tempat untuk meletakkan ponsel NFC. Foto:Heru Margianto/Kompas.com)

pad pos 4 (Alat untuk tanda tangan. Foto:Heru Margianto/Kompas.com)

Menyalakan sepeda motor

Atraksi menarik juga disajikan perusahan eCooltra, perusahaan transportasi urban asal Spanyol. Perusahaan ini memajang sebuah sepeda motor listrik yang dapat disewa.

Seluruh informasi mengenai perjalanan, harga, tujuan, tertanam dalam sebuah aplikasi yang dapat diunduh oleh konsumen dalam ponsel atau tablet mereka. Motor ini tidak mungkin hilang sebab dilengkapi GPS yang dapat dimonitor dari kantor pusat.

Jika penyewa ingin menyalakan sepeda motor ini, yang perlu dilakukan adalah menempelkan ponsel mereka di sisi setang sebelah kiri yang terdapat tanda NFC. Sepeda motor seketika menyala dan catatan harga sewa, tujuan perjalanan serta lama perjalanan, otomatis terekam di ponsel penyewa.


motor1 (Foto:Heru Margianto/Kompas.com)

motor 2 (Tanda NFC di setang sebelah kiri. Foto:Heru Margianto/Kompas.com)

motor 3 (Menyalakan sepeda motor dengan menempelkan ponsel atau tablet yang memiliki teknologi NFC. Foto:Heru Margianto/Kompas.com)

motor 4 (Catatan perjalanan, harga sewa, terekam otomatis dalam ponsel atau tablet penyewa. Foto: Heru Margianto/Kompas.com)



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorWicaksono Surya Hidayat


    Close Ads X