Kompas.com - 28/02/2013, 16:40 WIB
EditorReza Wahyudi

Apple Apple App Store

KOMPAS.com - Apple membuat kebijakan baru untuk pasar Amerikat Serikat (AS). Jika seorang anak membeli aplikasi atau item virtual lain di Apple App Store tanpa izin orang tua, Apple siap mengembalikan uang si orang tua.

Kebijakan ini bermula dari gugatan hukum yang ditujukan kepada Apple di AS. Seorang warga bernama Garen Meguerian, melaporkan putrinya yang berusia 9 tahun telah membeli puluhan item virtual senilai 200 dollar AS dari App Store dan dari aplikasi yang telah terpasang.

Pembelian secara tidak sengaja oleh anak-anak paling sering terjadi ketika sedang memainkan game, kemudian ditawarkan membeli sesuatu di dalam aplikasi tersebut (in-app purchase). Jika anak tak sengaja memilih untuk membeli suatu item, secara otomatis tagihan kartu kredit orang tua akan bertambah.

Seperti diketahui, aplikasi, konten digital, dan item virtual di App Store serta iTunes bisa dibeli melalui kartu kredit yang telah didaftarkan di akun Apple ID.

Kuasa hukum Meguerian mengatakan, Apple tidak memberi perlindungan berlapis dalam hal pembelian item virtual dan aplikasi. Hanya dengan sekali klik, anak-anak bisa langsung membeli item virtual tanpa harus memasukkan password.

Apple janji memperketat sistem pembelian aplikasi dan item virtual di App Store. Password harus dimasukkan setiap kali ingin membeli aplikasi. Setelah melewati proses hukum, Apple bersedia memberi kompensasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diusulkan, jika terbukti anak-anak tidak sengaja membeli, Apple mengembalikan 5 dollar AS untuk pembelian di bawah 30 dollar AS. Jika pembelian tidak sengaja oleh anak bernilai di atas 30 dollar AS, maka Apple akan mengembalikan sepenuhnya.

Kebijakan ini hanya berlaku untuk pasar AS. Belum ada informasi lebih lanjut soal kompensasi di luar pasar AS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.