Kompas.com - 06/03/2013, 11:17 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang pameran produk teknologi Mega Bazaar Computer (MBC) Jakarta kembali digelar. Pameran yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo dan didukung oleh Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Yayasan Apkomindo) ini dibuka secara resmi pada 6 Maret 2013 dan akan berakhir pada 10 Maret 2013.

Masih sama dengan ajang MBC sebelumnya, pameran ini diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) di area Hall A, Hall B, Cendrawasih, Main Lobby, dan Plenary Hall.

Selain wilayah Jakarta, ajang MBC 2013 juga diadakan di Bandung (Graha Manggala Siliwangi), Medan (International Convention Center Santika-Dyandra), Surabaya (Exhibition Hall Grand City), Makassar (Celebes Convention Center), Semarang (Java Mall), dan Jogjakarta (Expo Center).

Menurut Bambang Setiawan, Chief Operational Officer Dyandra Promosindo, ajang pameran tahun ini tidak terlalu berbeda dibandingkan MBC tahun lalu.

Deliusno/KompasTekno General Manager Dyandra Promosindo Vista Limbong, COO Dyandra Promosindo Bambang Setiawan dan Vice President Debindo Mitra Dyantama Soehoed Kosasih (ki-ka) berbicara di konferensi pers Mega Bazaar 2013 Jakarta, Rabu (6/3/2013).


Satu hal yang terlihat cukup berbeda adalah lini produk yang ditawarkan di pameran kali ini. Apabila tahun-tahun sebelumnya, pameran didominasi oleh produk-produk komputer, tahun 2013 ini para peserta pameran lebih banyak memamerkan produk gadget, seperti tablet dan smartphone.

"Pameran tahun ini sedikit berbeda dari tren produk yang dipamerkan. Produk yang ada mengikuti industri saat ini. Produk tablet semakin meningkat, desktop PC menurun, dan laptop akan terus tumbuh," ujar Bambang.

Selain itu, pihak panitia juga menyediakan sebuah promo khusus yang dinamakan "Best Offer PowerBank". Dalam promo ini, tersedia total 1.200 buah powerbank dengan harga khusus, yaitu Rp 50.000. Nantinya, akan ada 100 powerbank yang dilepas setiap harinya di MBC Jakarta, sisanya di MBC kota-kota lain.

Di ajang MBC tahun ini, pihak penyelenggara menargetkan kenaikan pertumbuhan sebesar 10 hingga 15 persen dari total pengunjung tahun lalu yang mencapai 216.444 orang. Sedangkan untuk nilai transaksi, target pihak penyelenggara adalah sebesar 3 hingga 5 persen dari total pendapatan yang mencapai Rp 650 miliar pada tahun lalu.

Seperti tahun sebelumnya, MBC diadakan bersamaan dengan dua pameran besar lainnya, yaitu Indonesia Game Festival dan pameran kamera FOCUS.

Pameran ini dibuka dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. Untuk memasuki area pameran, pengunjung harus membeli tiket dengan harga Rp 10.000 di hari kerja (Rabu, Kamis, Jumat) dan Rp 15.000 untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.