Kompas.com - 06/03/2013, 12:12 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Banyaknya berita smartphone baru akan dan telah hadir dari pesaing tak membuat rumor iPhone generasi selanjutnya redup. Dari kabar terpanas yang beredar, iPhone versi terbaru atau sebut saja iPhone 5S akan diluncurkan bulan Agustus 2013.

Bersamaan dengan iPhone 5S, Apple juga akan memperkenalkan iPhone dengan harga murah.

Seperti dikutip dari Cnet, kepastian jadwal peluncuran dua model ini diungkap oleh situs iMore yang mendapat informasi dari sumber terdekat dengan rencana tersebut.

Sumber ini menyatakan, iPhone 5S akan memiliki desain yang sama persis dengan iPhone 5 dengan perbedaan prosesor yang lebih kencang, kamera yang lebih gahar, dan sensor pengenal sidik jari.

Rumor ini diperkuat oleh dengan pernyataan dari Ming-Chi Kuo, seorang analis dari KGI Securities.  Serupa dengan iMore, Kuo meramalkan dua iPhone baru akan muncul pada musim panas tahun ini, sekitar bulan Agustus.

Kuo juga mengungkap spesifikasi dari iPhone 5S. Menurutnya, smartphone ini akan menggunakan prosesor Apple A7 dengan fabrikasi 28 nanometer dan kamera baru buatan Sony. Kamera ini mempunyai fitur low-light dan sebuah "smart flash" dengan dua LED, putih dan kuning.

Untuk dimensi dan bobotnya, masih menurut Kuo, iPhone 5S tak berbeda jauh dengan pendahulunya, iPhone 5. Prediksi sama persis dengan yang diungkap oleh iMore. Ini berarti iPhone 5S masih menggunakan layar ukuran 4 inci dengan ketebalan 7,6 mm dan bobot 112 gram.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak tanggung-tanggung, Kuo pun membocorkan harga jual dari iPhone 5S dan iPhone murah. iPhone 5S akan dibanderol mulai 600 dollar AS hingga 700 dollar AS, sedangkan iPhone murah akan dijual pada kisaran 350 dollar AS dan 450 dollar AS.

Kuo sendiri cukup dikenal karena beberapa kali mampu memberikan prediksi yang tepat terkait produk-produk anyar Apple.

Dia pernah menebak dengan benar, Apple akan menghentikan produksi MacBook Pro layar 17 inci.

Selain itu, dia juga menjadi orang pertama yang melaporkan Apple akan menggunakan teknologi in-cell baru untuk membuat iPhone terbaru lebih tipis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.