Kompas.com - 07/03/2013, 10:54 WIB
EditorReza Wahyudi

Reuters Sharp Aquos Quattron, televisi LCD 70 inci pada tahun 2011.

KOMPAs.com - Perusahaan elektronik Sharp mengonfirmasi bahwa mereka mendapat investasi dari Samsung. Perusahaan Korea itu menyuntikan dana ke Sharp sebesar 112 juta dollar AS demi kemajuan bisnis layar liquid crystal display (LCD).

Dengan jumlah itu, Samsung memiliki tiga persen saham Sharp dan pemangku kepentingan terbesar kelima secara keseluruhan di Sharp. Hal ini juga membuat Samsung sebagai pemegang saham individu terbesar di Sharp yang bukan lembaga keuangan.

"Investasi dari pihak ketiga ini bertujuan membangun hubungan rasa saling percaya terhadap peningkatan nilai perusahaan dari Sharp dan Samsung dalam bisnis LCD, dan juga meningkatkan modal Sharp," tulis pihak Sharp dalam siaran pers tertanggal 6 Maret 2013.

Dana itu akan digunakan Sharp untuk memperluas dan meningkatkan produksi panel LCD ponsel pintar dan televisi. Besar kemungkinan, Samsung memiliki akses untuk mengetahui teknologi dan pasokan LCD dari Sharp.

Perusahaan Jepang ini sejak 2012 lalu sudah mencari investor untuk bisnis layar LCD. Namun, berbagai diskusi dengan investor gagal membuahkan hasil hingga akhirnya mereka berjodoh dengan Samsung. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.