Kompas.com - 13/03/2013, 09:56 WIB
EditorReza Wahyudi

BBC

KOMPAS.com - Pemerintah Singapura makin gencar meningkatkan infrastruktur telekomunikasi nirkabel. Mulai April 2013, jaringan WiFi gratis di area publik akan ditingkatkan kecepatannya dua kali lipat.

Dari 1 mega bita per detik (Mbps), kecepatan jaringan WiFi bernama Wireless@SG akan ditingkatkan jadi 2Mbps. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura Yaacob Ibrahim saat berbicara di depan parlemen.

"Jaringan Wireless@SG gratis sangat populer. Banyak bisnis yang berlangganan Wireless@SG untuk operasional mereka, seperti pembayaran online dan pengawasan fasilitas. Tapi sistem ini sekarang sudah berusia lebih dari 6 tahun," kata Yaacob seperti dikutip dari ZDNet.

Ia menjelaskan, peningkatan WiFi publik ini akan menawarkan proses login yang lebih sederhana. Bukan seperti sistem yang ada sekarang, yang mengharuskan pengguna memasukkan data berulang kali.

Di kemudian hari, sistem akan mengenali pengguna terdaftar melalui kartu SIM di perangkat mobile. Menurut Yaacob, WiFi publik akan melengkapi jaringan nirkabel negara selain 3G dan 4G LTE. WiFi diharap dapat meringankan beban lalu lintas 3G dan 4G dari jaringan operator seluler.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.