Kompas.com - 14/03/2013, 14:20 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sony Mobile Communications secara resmi merilis Xperia Z di Indonesia pada Kamis (14/3/2013). Sony menyebut Xperia Z sebagai superphone. Meski ini hanya istilah marketing, tapi Sony punya alasan mengapa produk andalannya disebut superphone.

Head of South East Asia Markets Sony Mobile Communications, Ola Lilja Molen mengatakan, Xperia Z mewarisi teknologi canggih yang dimiliki Sony. Teknologi terkini di sektor audio, layar, dan kamera yang dimiliki Sony, disematkan ke dalam Xperia Z.

Layar 5 inci beresolusi 1.920 x 1.080 pixel pada Xperia Z telah dibekali Mobile Bravia Engine generasi kedua, yang membuatnya dapat menampilkan gambar kualitas HD dengan warna tajam dan detail. Ini merupakan teknologi yang biasa dipakai dalam produk televisi seri Bravia.

"Kami membawa teknologi TV Bravia ke dalam ponsel. Dan dalam berbagi konektivitas, Anda dapat berbagi konten secara mudah ke seluruh perangkat Anda," kata Ola usai meluncurkan Xperia Z di Singapura, beberapa waktu lalu.

Selain layar, Sony juga memperhatikan sektor audio. Xperia Z dibenamkan software audio Sony Walkman untuk memperkaya pengalaman mendengarkan musik di Xperia Z. Earphone yang termasuk dalam paket pembelian Xperia Z memiliki kualitas dentuman bass serta detail yang baik.

Di sektor kamera, Sony membawa sensor Exmor RS yang biasa dibenamkan di jajaran produk kamera. Kamera belakang Xperia Z memiliki jumlah sensor 13,1MP dengan lampu kilat LED. Sedangkan kamera depannya memakai sensor Exmor R 2MP.

Sisi lain yang membuat Xperia Z pantas disebut superphone, menurut Ola, produk ini dibekali spesifikasi hardware kelas premium yang membuat performanya mulus dan mantap.

Nilai tambah dari Xperia Z adalah, ia didesain tahan air dan debu. Ponsel ini menyandang sertifikat IP 55 dan 57, sebuah standar ketahanan internasional. Xperia Z bisa diajak menyelam di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Ola mengatakan, daya tahan merupakan salah satu kriteria utama ketika konsumen ingin membeli ponsel. "Ponsel ada bersama kita sepanjang hari, ada kemungkinan kita menjatuhkannya atau terkena hujan," ujar Ola.

Meski Xperia Z memiliki daya tahan kuat, Sony masih mengedepankan unsur estetika.
Material yang menyelimuti tubuhnya memunculkan kesan elegan, dengan balutan kaca di panel belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.