"Kepribadian Ganda" BlackBerry akan Hadir di Android dan iPhone

Kompas.com - 15/03/2013, 07:35 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - BlackBerry akan menawarkan solusi keamanan mobile yang memisahkan data personal dan bisnis untuk ponsel Android dan iPhone. Fitur yang diberi nama Secure Work Space ini, membuat ponsel seakan memiliki dua kepribadian.

Dengan Secure Work Space dari BlackBerry, ponsel Android dan iPhone bisa diaktifkan dalam profil personal, dan profil bisnis. Pengguna dapat mengelompokan aplikasi dan data dalam kedua profil tersebut.

Solusi keamanan itu masuk dalam layanan BlackBerry Enterprise Service 10. Secure Work Space diklaim memberi jaminan keamanan aplikasi untuk email, kalender, kontak, pekerjaan, memo, mengedit dokumen, hingga berselancar internet.

Bagian IT di sebuah perusahaan dapat mengelola data dan aplikasi yang dikelompokan dalam profil bisnis di ponsel karyawan. Namun, bagian IT tak dapat mengakses data dan aplikasi yang dikelompokkan dalam profil personal, termasuk foto, video, game dan sebagainya yang bersifat pribadi.

Layanan ini tak memerlukan konfigurasi VPN atau gateway yang rumit untuk aplikasi yang berada di belakang firewall sebuah perusahaan. BlackBerry menyasar target pengguna dari kalangan perusahaan dan pemerintahan.

Di sistem operasi BlackBerry 10, fitur macam ini diberi nama BlackBerry Balance. "Dengan Secure Work Space untuk Android dan iOS, kami memperluas fitur ini untuk platform lain dalam tren Bring Your Own Device (BYOD)," kata David J. Smith, Executive Vice President Mobile Enterprise Computing BlackBerry, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/3/2013)

Informasi lengkap soal Secure Work Space akan dipaparkan dalam sebuah acara BlackBerry bulan Mei mendatang di Orlando, Florida, AS. Sedangkan solusi Secure Work Space versi beta, mulai tersedia pada akhir kuartal kedua tahun 2013.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.