Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S4 Vs iPhone 5, Mana Lebih Kencang?

Kompas.com - 19/03/2013, 19:10 WIB

Samsung Samsung Galaxy S4

KOMPAS.com Galaxy S4 buatan Samsung adalah salah satu smartphone baru yang paling ditunggu kehadirannya. Dengan komponen hardware kelas atas, banyak pihak dibuat penasaran dengan performanya.

Kinerja Galaxy S4 patut dibandingkan dengan ponsel-ponsel pintar lainnya. Primate Labs mencoba mencari jawabannya melalui serangkaian uji kemampuan (benchmark).

Dalam uji kemampuan yang dikutip oleh Android Community, Galaxy S4 versi Amerika Serikat (AS) disandingkan dengan sejumlah smartphone canggih lain, yaitu HTC One, LG Nexus 4, BlackBerry Z10, iPhone 5, dan Galaxy S3 (versi Amerika Serikat dan internasional) dari Samsung sendiri.

Perlu diketahui, Galaxy S4 versi AS berbeda dengan versi internasional. Galaxy S4 versi AS memakai prosesor 4-core Qualcomm Snapdragon 600 kecepatan 1,9GHz, sementara Galaxy S4 versi internasional memakai prosesor 8-core (4+4) Samsung Exynos 5 Octa kecepatan 1,6GHz.

Nah, semua ponsel tercanggih di atas diuji kemampuannya dengan aplikasi benchmark Geekbench 2. Hasilnya? Secara tidak mengejutkan, Samsung Galaxy S4 tampil di urutan terdepan dengan skor 3163, di atas HTC One yang mencetak nilai 2687. 

 

Sementara itu, LG Nexus 4 menyusul di urutan ketiga dengan skor 2040 yang termasuk tinggi untuk ukuran smartphone masa kini. Versi internasional dari Galaxy SIII muncul di urutan keempat dengan skor 1717.

Nah, iPhone 5 yang mencetak nilai 1596 hanya berhasil menduduki peringkat kelima. Skor yang dicetak iPhone kira-kira hanya setengah dari skor Galaxy S4.

Perlu dicatat bahwa hasil benchmark di atas hanya berlaku untuk Galaxy S4 versi Amerika Serikat. Tak ada hasil benchmark Galaxy S4 versi internasional yang dibekali prosesor 8-core (4+4) Exynos 5 Octa.

Galaxy S4 rencananya akan didistribusikan ke beberapa pasar pada akhir April 2013 dalam waktu berdekatan. Yang masuk pasar Indonesia adalah Galaxy S4 versi internasional. Smartphone ini mengusung layar 5 inci dengan resolusi full-HD (1920 x 1080 pixel).

Berita-berita lain terkait Samsung Galaxy S4 dapat diikuti di liputan khusus "Peluncuran Galaxy S4" dari tautan berikut ini atau tautan ini untuk akses dari ponsel/tablet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com