Ultah Ke-7, Twitter Capai 200 Juta Pengguna Aktif

Kompas.com - 21/03/2013, 16:41 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

TWITTER

KOMPAS.com — Tidak terasa, layanan mikroblog Twitter sudah memasuki usia ke-7. Tepat pada hari ulang tahunnya ini, Kamis (21/3/2013), Twitter, melalui blog resminya, banyak menceritakan perjalanan hidupnya selama 7 tahun belakangan ini.

Tanggal 21 Maret 2006 menjadi hari pertama saat Twitter mulai beroperasi. Sang pendiri situs Twitter, Jack Dorsey, menjadi orang pertama yang melontarkan kicauan di situs mikroblog 140 karakter tersebut.

"Just setting up my twttr," kicau Dorsey kala itu.
Kicauan pertama di Twitter yang dilontarkan Jack Dorsey
Pada tahun 2007, pihak Twitter mulai mengenalkan fungsi baru yang hingga saat ini banyak dicontoh oleh layanan-layanan lain. Fungsi tersebut adalah Retweet dan juga tagar (hashtag).

Twitter juga sudah menjadi tempat penyebaran berita-berita penting dunia, seperti musibah Tsunami di Jepang dan demonstrasi besar-besaran di Mesir.

Bisnis Twitter pun tidak berhenti di layanan mikroblog saja. Pada akhir Januari 2013, Twitter merilis aplikasi berbagi video singkat Vine. Aplikasi ini mengizinkan penggunanya untuk mencari obyek video yang saling terhubung dan bercerita hanya dalam durasi 6 detik.

Hingga saat ini, pengguna aktif Twitter terus meningkat drastis. Apabila pada tahun 2012 lalu hanya ada sekitar 100 juta pengguna aktif, kini sudah ada 200 juta pengguna aktif di Twitter yang nge-tweet sebanyak 400 juta kicauan setiap harinya.

Happy birthday, Twitter!

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X