Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2013, 14:51 WIB

PULSK

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa bulan setelah ajang SparxUp, situs web jejaring sosial Pulsk berhasil menggaet ratusan ribu pengguna.

Hingga bulan Februari 2013, layanan asli buatan Indonesia ini telah berhasil mendapatkan tak kurang dari 125.000 pengguna tetap. Dalam satu bulan ada lebih dari 5 juta pengunjung dengan 50 juta halaman yang diakses.

Sedangkan, rata-rata, dalam satu hari ada 3.000 konten yang diunggah dan 6.000 "Wow" disematkan.

Apakah sebenarnya Pulsk itu? Pulsk adalah sebuah situs web yang mengizinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lain dengan cara membagi foto, video, dan artikel.

Karena menyasar segmen anak muda, Pulsk menawarkan konsep majalah dinding virtual. Para pulsker -- sebutan bagi pengguna Pulsk -- bisa mengunggah sendiri konten-konten terbaik mereka.

Menariknya lagi, pulsker lain bisa menyematkan "wow" apabila menyukai konten tertentu. "Wow" sendiri adalah perwujudan dari apresiasi pulsker (sebutan untuk pengguna Pulsk) terhadap sebuah konten yang mereka anggap menarik dan bermanfaat. Secara otomatis konten yang mendapatkan semakin banyak "wow" akan berada di halaman "Paling Wow", sekaligus merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemilik konten.

Jebolan Kaskus

Ide mengenai Pulsk sendiri dicetuskan oleh seseorang bernama Rendy Bryanzah. Sebelum fokus mengembangkan Pulsk, Rendy dikenal sebagai salah satu orang di balik pengembangan forum Kaskus. Saat bekerja di perusahaan tersebut, Rendy menjabat sebagai Leader Developer Kaskus.

Berawal dari riset kecil-kecilan yang dilakukannya bersama beberapa teman, Rendy menemukan fakta menarik bahwa ternyata situs-situs jejaring sosial sebagian besar diramaikan oleh pengguna dengan rentang usia muda, yakni dibawah 24 tahun yang notabene masih berada di bangku sekolah atau kuliah. Berangkat dari pemikiran sederhana tersebut, Rendy pun mulai merancang Pulsk diwaktu senggangnya.

Setelah mencetuskan ide Pulsk ini, Rendy langsung dibantu oleh Irwan Fahmy di sisi produk dan strategi, Riswan Rais dan Ardian Trimurti di lini desain.

Hasilnya pun ternyata luar biasa. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, popularitas Pulsk meningkat drastis. Rendy pun memutuskan untuk lebih serius di PULSK dan meninggalkan Kaskus pada bulan November 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com