Kompas.com - 22/03/2013, 17:44 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com  Google adalah perusahaan yang berada di belakang kesuksesan Android, sistem operasi mobile terpopuler yang berandil besar menggusur popularitas BlackBerry.

Mungkin tak banyak yang menyangka bahwa salah satu petinggi raksasa internet itu, Executive Chairman Google, Eric Schmidt, adalah pengguna setia smartphone BlackBerry.

Hal tersebut diungkapkan Schmidt kepada pemimpin redaksi The Guardian, Kamis (21/3/2013). Alasannya sederhana, Schmidt menyukai papan ketik alias keyboard pada smartphone buatan perusahaan asal Kanada tersebut.

Schmidt sudah menggunakan BlackBerry sejak lama. Smartphone yang identik dengan keyboard QWERTY itu sudah digenggamnya (Curve 8900) saat menjabat sebagai CEO Google tahun 2009.

Petinggi Google ini pun beberapa kali terlihat asyik menjepret foto dengan BlackBerry, antara lain tahun 2009 dan saat menghadiri KTT Kewirausahaaan di Indonesia tahun 2011. Model yang dipakai ketika itu adalah Bold 9780.

Schmidt juga berkomentar mengenai iPad Mini dari Apple. Menurut dia, perangkat tersebut terlalu kecil dibandingkan iPad versi 10 inci. Format "tablet kecil" berukuran 7 inci sendiri dipopulerkan oleh tablet Android seperti Google Nexus 7 dan Kindle Fire.

Perihal petinggi perusahaan memakai produk kompetitor sebenarnya bukan hal baru di industri IT. CEO Yahoo, Marissa Mayer, misalnya, sejak bekerja di Google dikenal sebagai pengguna iPhone yang getol tweeting dari perangkat bikinan Apple Corp itu.

Pegawai Google pun diketahui gemar menggunakan laptop MacBook untuk bekerja meskipun perusahaan itu sebenarnya memiliki lini laptop Chromebook.

Ada juga Steve Sinofsky. Mantan kepala divisi Windows Microsoft ini dilaporkan selalu membeli tiap model iPhone yang dirilis Apple.

Selera dan kebutuhan pribadi memang menjadi faktor penentu dalam memutuskan pilihan gadget, tak terkecuali untuk para petinggi perusahaan teknologi yang berterus terang memakai produk saingannya ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.