Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Ponsel yang Akan Diluncurkan Facebook?

Kompas.com - 02/04/2013, 14:58 WIB

KOMPAS.com — Facebook akan menggelar sebuah acara misterius pada 4 April 2013 mendatang. Belum jelas produk apakah yang akan diperkenalkan pada acara tersebut. Santer tersiar, Facebook akan meluncurkan ponsel Facebook berbasis Android yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Dua hari jelang acara tersebut, situs Android Police, menyebutkan, produk utama yang akan diperkenalkan Facebook adalah aplikasi launcher, bukanlah ponsel Facebook. Situs pencinta Android ini pun mengaku telah mencoba aplikasi tersebut.

Aplikasi yang kemungkinan akan mengusung nama Facebook Home hanyalah sebuah tambahan dari aplikasi Facebook yang akan diintegrasikan dengan launcher Android milik para vendor.

Facebook Home pertama kali akan berjalan di ponsel buatan HTC. Facebook Home akan berjalan di atas interface HTC Sense 4.5 dan berbasiskan Android 4.1.2

Kemungkinan, Facebook Home bisa berjalan di interface Android lain, seperti TouchWiz milik Samsung. Bahkan, ada indikasi yang menyebutkan Facebook Home akan tersedia secara bebas di Google Play Store.

Dikatakan pula, Facebook Home tidak akan mengubah inti sistem operasi Android sama sekali. Aplikasi ini hanya menyediakan tampilan baru untuk sistem operasi Android.

Sayangnya, Android Police tidak berhasil masuk lebih dalam ke sistem ini. Untuk login ke dalam sistem saat ini, diperlukan akun dan password milik karyawan Facebook. Dengan kata lain, detail dari software ini secara keseluruhan baru akan diketahui pada saat peluncurannya nanti.

Android Police juga menyebutkan detail produk HTC yang akan diperkenalkan pada acara peluncuran tersebut yang memiliki nama kode Myst. Nantinya, Myst akan menggunakan layar 4,3 inci yang mendukung resolusi 720p, RAM 1GB, kamera 5 megapiksel, dan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 MSM8960 dual-core.

Satu hal yang harus diingat, ini baru sekadar rumor belaka hingga peluncurannya nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com