Kompas.com - 03/04/2013, 12:02 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Produsen komputer Dell pada Februari 2013 berencana membeli seluruh saham yang dimiliki investor agar Dell bisa kembali menjadi perusahaan privat. Namun, langkah ini ditentang investor.

Kini Dell berusaha meyakinkan bahwa masa depan bisnis PC dan notebook penuh dengan ketidakpastian. Penurunan permintaan perangkat PC dan notebook ini lebih dikenal sebagai "Post PC Era" atau "Kiamat PC".

Dalam sebuah dokumen yang diajukan Dell kepada Securities and Exchange Commission Amerika Serikat, Jumat (29/3/2013), perusahaan mengungkap alasan mengapa mereka ingin keluar dari bisnis PC tradisional dan ingin menjadi perusahaan privat.

Dell memberi gambaran suram tentang masa depan industri PC secara keseluruhan. Tentu saja, Dell mengungkap bahwa penjualan komputer pribadi (PC) dan notebook sedang mengalami penurunan. Karena itulah, perusahaan ingin mengurangi risiko sebagai produsen PC.

Berikut beberapa poin dalam dokumen yang dibuat Dell, seperti dikutip dari Forbes.

- Penurunan pendapatan di pasar untuk PC desktop dan notebook dan ketidakpastian yang signifikan mengenai apakah atau kapan penurunan ini akan berakhir.

- Kesulitan secara keseluruhan dalam memprediksi pasar untuk PC sebagaimana dibuktikan oleh revisi yang signifikan dalam perkiraan industri antara para ahli industri dan analis selama tahun 2012 lalu.

- Tekanan harga yang sedang berlangsung ke bawah dan kecenderungan komodifikasi di pasar notebook dan PC desktop.

- Pergeseran permintaan dari margin yang lebih tinggi pada produk PC premium.

- Peningkatan penggunaan sistem operasi PC alternatif dari Microsoft Windows.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X