Kompas.com - 05/04/2013, 10:50 WIB
EditorReza Wahyudi

Microsoft Foto dua pendiri Microsoft, Paul Allen dan Bill Gates, tahun 1981

KOMPAS.com - Hubungan persahabatan duo pendiri Microsoft, Bill Gates dan Paul Allen, memang masih dipertanyakan. Apakah keduanya sudah kembali akur? Meski demikian, ternyata mereka pernah melakukan kreasi ulang foto bersejarah ketika keduanya masih bekerjasama dalam membangun Microsoft.

Pada tahun 1981, Gates dan Allen pernah berfoto bersama di antara perangkat komputer pribadi. Tahun itu adalah momen berharga saat Microsoft memberi lisensi perangkat lunak MS-DOS kepada IBM.

Nah, foto bersejarah itu kemudian dikreasi ulang. Allen baru mempublikasinya lewat kicauan di jejaring sosial Twitter, Rabu (3/4/2013).

 


Foto versi baru itu menampilkan gaya dan suasana yang hampir sama dengan foto lama. Gates konsisten memakai baju yang relatif lebih santai jika dibandingkan dengan Allen. Keduanya juga dikelilingi beberapa perangkat komputer model lama, yang sama seperti foto tahun 1981.

Sesi pemotretan itu diambil pada 2006, ketika Gates mampir ke Living Computer Museum di Seattle, Amerika Serikat. Allen adalah salah seorang yang mendirikan museum ini.

Seorang juru bicara museum mengatakan kepada GeekWire, bahwa para staf bekerja melacak komputer yang sama dengan yang ada di foto. Hal ini dilakukan demi mendapatkan suasana yang serupa dengan tahun 1981.

Pada tahun 2011, banyak pihak dibuat terkejut ketika Allen menyerang Gates dalam buku biografinya, berjudul "Idea Man." Dalam buku itu, Allen mengatakan bahwa Gates berkolusi dengan CEO Microsoft yang sekarang, Steve Ballmer, untuk mengurangi saham Allen di Microsoft.

Sosok Allen memang tidak setenar Gates. Tetapi kiprahnya di dunia bisnis tidak kalah dari rekannya itu. Miliarder cerdas ini tak hanya merambah industri teknologi, tetapi juga industri penerbangan, musik, dan olahraga. Dia pun aktif dalam kegiatan sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.