Kompas.com - 13/04/2013, 18:44 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah pengguna Blackberry mengecam pengguna BB lainnya yang memasang foto kecelakaan pesawat Lion Air di Bali yang direkayasa dengan memasukkan karakter pahlawan super Jepang, Ultraman.

"Guys, itu kecelakaan! Bukan bahan lelucon! Gak punya hati banget, ckckck!" tulis pesan pribadi salah satu pengguna Blackberry, Titis Rossnanda, pegawai swasta di Purwokerto, Sabtu (13/4/2013) sore.

Pengguna Blackberry lainnya, Budi Nurcahyo, juga menuliskan pesan pribadi serupa. "Jangan pernah membuat joke berdasarkan musibah," tulis Budi di pesan pribadi BB-nya.

Saat dihubungi, Budi menyayangkan pembuat foto editan tersebut dan orang-orang yang memasang foto tersebut sebagai gambar tampilan Blackberry-nya.

"Seharusnya sebuah musibah tidak dijadikan lelucon. Coba kalau yang terkena musibah keluarga kita. Kita harus bisa menjaga perasaan dan suasana para keluarga korban, bukan malah memperkeruh suasana," kata wiraswasta asal Semarang itu.

Sebelumnya, pesawat Lion Air penerbangan Banjarmasin-Bandung-Denpasar, yang membawa 95 penumpang dewasa, 3 anak-anak, 1 bayi, dan 7 awak, gagal mendarat di ujung barat landasan pacu Bandara Ngurah Rai, Bali, pukul 15.35 Wita.

Badan pesawat yang tinggal landas dari Bandara Hussein Sastranegara, Bandung, pukul 12.48 WIB, itu patah di dekat ekor dan mengapung di Pantai Segara, Kuta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak ada korban meninggal dalam musibah yang dialami pesawat dengan nomor penerbangan JT904 itu. Semua penumpang dan awak pesawat dapat dievakuasi oleh nelayan, petugas SAR, dan Polda Jatim.

Beberapa saat setelah kejadian tersebut, sempat beredar foto rekayasa yang menampilkan pesawat Lion Air yang mengapung di lepas pantai bersama pahlawan super Jepang, Ultraman. Ada pula foto yang direkayasa dengan menampilkan sosok mitologi Bali, Leak.

Setelah mendapat kecaman mengenai foto tersebut, beberapa pengguna Blackberry yang sebelumnya memasang foto-foto itu terlihat langsung mengganti gambar tampilannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.