Kompas.com - 16/04/2013, 14:50 WIB
EditorReza Wahyudi

Facebook Home

KOMPAS.com - Facebook resmi meluncurkan aplikasi khusus yang diberi nama Facebook Home pada Kamis (4/4/2013). Aplikasi ini pun sudah tersedia untuk diunduh di toko aplikasi Google Play Store mulai 12 April 2013 yang lalu.

Pada saat peluncuran aplikasi ini, Mark Zuckerberg, CEO Facebook, mengatakan, Facebook Home akan sedikit sulit untuk hadir di platform milik Apple, iOS.

Menurutnya, Facebook harus menjalin kemitraan resmi dengan Apple yang terkenal sangat mengontrol ekosistemnya yang tertutup. Ini berarti, kendali Facebook Home juga harus diserahkan ke Apple.

Namun, kata "sulit" bukan berarti "tidak bisa". Ingin menghadirkan Facebook Home di pelbagai platform lainnya, Facebook dikabarkan sudah membuka perbincangan dengan Apple untuk menghadirkan aplikasi semacam Facebook Home di iPhone.

Hal tersebut terungkap dari hasil wawancara Bloomberg dengan Adam Mosseri, Director of Product Facebook. Menurut Mosseri, perbincangan mengenai Facebook Home saat ini sedang berjalan, tetapi belum ada keputusan apa pun.

"Kami telah memperlihatkan kepada mereka (Apple) apa yang telah kami bangun dan kami sedang dalam perbincangan," kata Mosseri, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (16/4/2013).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Mosseri menjelaskan, skin, penampilan, dan juga nama dari aplikasi Facebook Home versi iOS bisa saja berbeda dari versi Android.

"Kita juga bisa hanya membawa beberapa desain untuk aplikasi iOS. Atau kami hanya membuat layar kunci (lock screen). Mungkin pada saat itu, aplikasi tersebut tidak disebut sebagai Home, mungkin akan disebut sebagai nama yang lain," lanjut Mosseri.

Selain Apple, Facebook dikabarkan juga sedang berbicara dengan Microsoft untuk membawa Facebook Home ke platform Windows Phone.

Belum ada konfirmasi dari pihak Apple dan juga Microsoft terkait aplikasi Facebook Home ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.