Kompas.com - 16/04/2013, 15:51 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

BGR.com

KOMPAS.com — Anonymous melancarkan serangan terhadap beberapa properti digital yang dijalankan Pemerintah Korea Utara beberapa waktu lalu. Namun, ternyata kelompok hacker ini tak berniat berhenti sampai di situ.

Seperti dilaporkan oleh The Inquirer, Anonymous mengklaim telah menumbangkan sejumlah situs milik Korea Utara.

Pemberitahuan mengenai serangan tersebut—berikut "bukti" berupa gambar website yang offline—ditayangkan melalui akun Twitter badan propaganda Korea Utara, Uriminzokkiri (@uriminzok), yang diambil alih oleh Anonymous dalam serangan sebelumnya.

Berdasarkan keterangan Anonymous itu, sejauh ini sudah sembilan situs Korea Utara yang menjadi korban serangan Anonymous.

 

Anonymous

Beberapa situs dibuat tak bisa diakses, sementara lainnya mengalami deface dan menampilkan gambar pemimpin besar Korea Utara, Kim-Jong Un, yang dimodifikasi oleh hacker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum ini, Anonymous sempat mengambil alih akun Twitter dan Flickr yang dijalankan oleh pihak Korea Utara. Akun Flickr tersebut tak lama kemudian ditutup dan hanya meninggalkan pesan yang isinya memberi tahu bahwa pemilik akun yang bersangkutan sudah "tidak aktif lagi".

Anonymous juga memasang pernyataan di situs pastebin.com mengenai rangkaian serangan cyber terhadap Korea Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.