Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikator Awal Ekonomi AS Menurun

Kompas.com - 19/04/2013, 08:42 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah data awal ekonomi di Amerika Serikat menunjukkan penurunan. Hal ini pun direspon dengan penurunan pasar bursa di Negeri Paman Sam itu semalam waktu Indonesia. Conference Board dalam laporan 3-6 bulan mendatang mencatat turunnya indikator awal ekonomi (leading economic indicator) sekitar 0,1 persen pada bulan Maret.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Jumat (19/4/2013), ini adalah penurunan pertama sejak Agustus 2012 lalu. Penurunan ekonomi AS juga dicermati oleh Bank Sentral Philadelphia yang melaporkan factory index turun menjadi 1,3 pada April dari dua bulan sebelumnya.

Kedua sinyal ini membuat prediksi perlambatan ekonomi AS sebagai efek dari pemangkasan anggaran otomatis semakin kuat, yang dikawatirkan bisa menurunkan pengeluaran masyarakat (household spending). Walaupun demikian, Bloomberg Consumer Comfort Index meningkat tajam pada minggu lalu, tertinggi dalam lima tahun. Dana Moneter Internasional IMF memangkas ekonomi AS dari 2 persen menjadi 1,9 persen pada 2013 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com