Kompas.com - 23/04/2013, 16:08 WIB
EditorReza Wahyudi

AP

KOMPAS.com - Masih ingat dengan kasus "antennagate" yang menimpa perangkat iPhone 4 pada tahun 2010 silam? Kala itu, Apple mendapatkan begitu banyak keluhan terkait penerimaan sinyal yang buruk pada perangkat tersebut.

Setelah dua tahun berlalu, Apple dikabarkan telah siap untuk membayar uang ganti rugi kepada para penuntut. Untuk masalah ini, Apple bersedia untuk membayar 15 dollar AS kepada tiap penuntut.

Beberapa pembaca situs 9to5mac, Selasa (23/4/2013), mengaku telah menerima cek pembayaran dari Apple.

check-iphone-4-settlement

Berdasarkan gambar yang dikirim oleh para pembaca situs tersebut, terlihat cek pertama dikeluarkan pada 17 April 2013 dan akan void setelah tanggal 16 Juli 2013. Artinya, setelah lewat dari tanggal 16 Juli 2013, cek tersebut tidak akan berlaku lagi.

Jika dilihat dari uang ganti rugi yang harus dikeluarkan oleh Apple untuk satu orang penuntut, jumlahnya memanglah tidak terlalu besar. Namun, pada kenyataannya, uang yang harus dibayarkan oleh Apple untuk kasus ini sangatlah besar. Apple diketahui harus membayar 53 juta dollar AS, dengan 16 juta dollar AS harus dibayarkan ke pihak pengacara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, diketahui terjadi masalah penerimaan sinyal dari perangkat iPhone 4 khusus untuk operator tertentu di Amerika Serikat.

Apple sendiri sudah membuat konferensi pers khusus untuk masalah ini. Dalam acara tersebut, Apple mengakui bahwa iPhone 4 berpotensi mengalami redaman sinyal jika bagian antena di lapisan kiri bawah terkena tangan saat dipegang.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Apple menyarankan setiap pengguna iPhone 4 untuk melengkapi smartphone tersebut dengan pembungkus karet atau biasa disebut dengan istilah "kondom".

Namun, solusi tersebut tampaknya tidak bisa diterima oleh semua "korban" dari kasus ini. Beberapa dari mereka akhirnya memilih untuk menuntut Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.