Kompas.com - 29/04/2013, 02:18 WIB
|
EditorBenny N Joewono

KOMPAS.com - Samsung Electronics mencatatkan keuntungan signifikan di tahun ini. Hal itu disebabkan penjualan ponsel cerdas (smartphone) dari seri Galaxy yang semakin laris di pasaran. Laba bersih Samsung di kuartal I-2013 naik 42 persen (yoy) menjadi 7,15 miliar Won atau sekitar 6,4 miliar dollar AS.

Laba tersebut ditopang oleh penjualan ponsel cerdas yang melonjak 56 persen menjadi 69,4 juta unit. Penjualan tersebut hampir dua kali lipat penjualan ponsel iPhone dari Apple.

Selain ponsel seri Galaxy, penjualan ponsel dari Korea Selatan ini terdongkrak akibat ponsel murah yang ditargetkan untuk pasar negara berkembang. Kontribusinya ke penjualan total mencapai 358 miliar dollar AS.

"Samsung sekali lagi bisa berhasil mengalahkan pangsa pasar ponsel cerdas dari Apple," kata analis IBK Securities Lee Seung Woo.

Konsensus analis Bloomberg yang terdiri dari 36 analis memerkirakan laba bersih Samsung melampaui rata-rata 6,73 miliar Won. Penjualannya pun naik menjadi 52,9 miliar Won, dari sebelumnya 45,3 miliar Won.

Sedangkan pendapatan operasinya meningkat menjadi 8,78 miliar Win, dari sebelumnya 5,69 miliar Won. "Kami akan mengalami kompetisi ketat di bisnis mobile khususnya di pasar ponsel cerdas middle ke low end," kata Senior Vice Presiden Samsung Robert Yi.

Meski labanya melonjak, saham Samsung di bursa Korea akhir pekan lalu mengalami penurunan 0,5 persen menjadi 1.486.000 Won. Penurunan harga saham ini disebabkan karena investor telah membeli saham Samsung pada 5 April lalu saat Samsung telah melaporkan laba operasinya yang juga melonjak signifikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.