Untuk Pertama Kali, "Smartphone" Salip "Feature Phone"

Kompas.com - 29/04/2013, 11:30 WIB
EditorReza Wahyudi

gadtime.com

KOMPAS.com - Hari-hari di mana telepon genggam hanya memiliki fungsi utama sebagai alat untuk membuat panggilan suara dan mengirim SMS tampaknya akan segera lewat.

Laporan global kuartal pertama 2013 dari IDC yang dirilis minggu lalu mencatat angka pengiriman smartphone untuk pertama kalinya melebihi feature phone.

Tepatnya, dari 418 juta unit ponsel yang dikapalkan dalam kurun tiga bulan pertama tahun ini, lebih dari setengahnya atau 51,6 persen (216,2 juta unit) terdiri dari jenis ponsel pintar.

Angka tersebut merefleksikan pertumbuhan 41,6 persen dibanding kuartal pertama 2012, tetapi lebih rendah 5,1 persen daripada angka pengiriman di musim liburan kuartal keempat 2012. 

IDC Worldwide Mobile Phone Tracker, 25 April 2013

Samsung tetap mempertahankan posisi sebagai produsen smartphone terbesar di dunia, dengan angka pengkapalan produk mencapai 70,7 juta unit atau hampir dua kali Apple yang berada di posisi kedua.

Pangsa pasar raksasa elektronilk asal Korea Selatan ini tumbuh 60,7 persen secara year-over-year. Sementara itu, pangsa pasar LG dan Huawei meningkat dua kali lipat.

Merek China tumbuh pesat

Manajer riset tim mobile phone IDC Ramon Llamas menambahkan bahwa tren lain yang juga mulai terlihat adalah munculnya merek-merek asal China di tangga teratas urutan produsen smartphone terbesar.

"Tahun lalu kita melihat para pemimpin pasar terdahulu di urutan lima besar, yaitu Nokia, BlackBerry (Research In Motion) dan HTC. Kini produsen China seperti Huawei dan ZTE, Coolpad serta Lenovo telah berhasik menarik pengguna dengan produk-produk smartphone Android," ujar Llamas.

Pasar feature phone sendiri bukannya sudah lenyap. Walaupun namanya tidak tampak dalam urutan teratas produsen smartphone, Nokia yang banyak mengandalkan produk feature phone di pasar-pasar negara berkembang tetap menjadi produsen ponsel terbesar kedua dengan total angka pengkapalan 61,9 juta unit. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.