Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PASAR MODAL

The Fed Teruskan Pembelian Obligasi Pemerintah

Kompas.com - 02/05/2013, 08:23 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve, memastikan tetap akan membeli obligasi pemerintah sebesar 85 miliar dollar AS per bulan. Namun, The Fed tetapi juga siap menambah atau mengurangi jumlah tersebut sesuai dengan perkembangan ekonomi di AS.

Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, The Fed terutama memperhatikan kondisi ketenagakerjaan dengan target tingkat pengangguran 6,5 persen dan inflasi dengan target 2 persen. "Belakangan ini data ekonomi AS melambat membuat indikasi the Fed kemungkinan bisa menambah stimulusnya tersebut," kata Lana di Jakarta, Jumat (2/5/2013).

Pernyataan the Fed ini juga sebagai respon dari menurunnya kemampuan kebijakan fiskal dalam mendorong ekonomi karena berlakunya undang-undang yang mewajibkan pengurangan defisit anggaran.

Pemangkasan anggaran ini diperkirakan menurunkan ekonomi AS hingga 0,6 persen di tahun 2013. Pada triwulan pertama 2013 ekonomi Negeri Paman Sam itu tumbuh 2,5 persen dibanding periode sama tahun lalu (yoy). Angka itu masih di bawah ekspektasi 3 persen (yoy).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com