Adskom Buka Kantor di Indonesia

Kompas.com - 02/05/2013, 12:30 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Adskom CEO Adskom Italo Gani (kanan) dan CTO Daniel Armanto

KOMPAS.com - Perusahan teknologi periklanan baru bernama Adskom membuka kantor di bilangan SCBD, Jakarta. Adskom didirikan oleh duet mantan CTO Koprol Daniel Armanto dan praktisi/ pengusaha bisnis digital Italo Gani.

Didukung pemodal Rebright Partners dari Jepang, perusahaan yang baru didirikan bulan lalu ini menawarkan otomatisasi penjualan ruang iklan digital bagi publisher melalui SSP (Supply-Side Platform) buatan sendiri yang diklaim merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

"Sebenarnya dari luar negeri sudah ada beberapa pemain dari luar yang mencoba ekspansi di wilayah Asia Tenggara, tapi belum ada yang didukung pendanaan serius. Kami adalah yang pertama," ujar Italo ketika dijumpai di Jakarta, Selasa (30/4/2013).

SSP berfungsi sebagai platform yang menjembatani publisher selaku pemilik ruang iklan dengan beberapa jaringan iklan sekaligus (ad-exchange) yang diagregasi ke dalam satu tempat.

Melalui otomatisasi proses pembelian dan penjualan iklan, publisher bisa menjual ad space dengan lebih efisien serta mengkonversi remnant inventory menjadi aliran pendapatan, sementara pengiklan bisa menghindari targeting audience yang sama lebih dari sekali.

Incar regional

Kendati memiliki kantor di Jakarta, Italo mengaku perusahaannya berkantor pusat di Singapura. "Itu karena kami mengincar pasar regional di Asia Tenggara, dimulai dari Indonesia," jelasnya.

Untuk saat ini, Adskom yang berencana akan memulai operasi pada kuartal ketiga 2013 akan memfokuskan bisnisnya pada publisher skala besar, dikarenakan angka permintaan yang tinggi di segmen itu.

Adskom juga berencana menerapkan sistem Real Time Bidding (RTB) di mana sebuah ad space yang kosong bisa ditempati oleh pengiklan yang menawarkan harga terbesar.

"Untuk saat ini di Indonesia agaknya masih belum perlu diterapkan RTB, tetapi roadmap kami memang mengarah ke situ. Rencananya sudah diterapkan akhir tahun ini atau kuartal pertama tahun depan," tandas Italo. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X