Kompas.com - 16/05/2013, 07:32 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di Wall Street ditutup pada tingkat tertinggi baru pada perdagangan Rabu (15/5/2013) waktu setempat (Kamis pagi WIB).  Para investor mengabaikan berita ekonomi yang suram dari zona euro.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 60,44 poin (0,40 persen) menjadi 15.275,69, merupakan rekor penutupan tertinggi baru untuk kedua hari berturut-turut.

Indeks berbasis luas S&P 500 bertambah 8,44 poin (0,51 persen) menjadi 1.658,78, rekor penutupan tertinggi baru keempat hari berturut-turut, sedangkan indeks komposit Nasdaq meningkat 9,01 poin (0,26 persen) menjadi 3.471,62.

Ketiga indeks naik pada awal perdagangan sore, kemudian mundur sedikit sebelum melakukan reli pada akhir perdagangan.

Data resmi Uni Eropa menunjukkan ekonomi zona euro menyusut 0,2 persen antara Januari dan Maret,  kontraksi kuartalan keenam berturut-turut dalam resesi terpanjang sejak blok mata uang tunggal didirikan pada 1999.

Sementara kepercayaan pengembang di pasar AS untuk rumah keluarga tunggal yang baru dibangun, naik tiga poin menjadi 44, demikian data pada Asosiasi Pengembang Perumahan Nasional (NAHB)/Indeks Pasar Perumahan Wells Fargo.

Art Hogan dari Lazard Capital Markets mengatakan pasar bereaksi terhadap peningkatan kuat sektor perumahan seperti yang ditunjukkan oleh data NAHB.

"Ini menjadi tema yang sama untuk sebagian besar tahun ini. Setiap kemunduran di pasar adalah kesempatan membeli," kata Michael James, direktur perdagangan ekuitas di Wedbush Morgan Securities.

James mengatakan pasar bergairah oleh kenaikan kuat pada saham keuangan, seperti JPMorgan Chase, yang naik 1,7 persen.

Sementara saham Apple turun 3,4 persen menyusul laporan bahwa sejumlah hedge fund terkemuka keluar atau mengurangi kepemilikan mereka di perusahaan itu pada kuartal pertama.

Di antara mereka yang memangkas kepemilikannya adalah David Tepper’s Appaloosa Management, yang mengurangi kepemilikan sahamnya menjadi 540 saham dari hampir 913.000 saham.

Google naik 3,3 persen setelah meluncurkan sebuah layanan musik untuk telepon pintar (smartphone) dan tablet didukung oleh perangkat lunak Android. Raksasa teknologi Google Play All Access diluncurkan di AS dengan biaya berlangganan bulanan sebesar 10 dollar AS.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.