Kompas.com - 17/05/2013, 10:47 WIB
EditorReza Wahyudi

ibtimes.co.uk

KOMPAS.com — Popularitas Android terus meningkat pesat. Secara global, laporan kuartal pertama 2013 dari lembaga riset Gartner menunjukkan bahwa smartphone Android memiliki pangsa pasar 74,4 persen, jauh di atas iOS yang duduk di urutan kedua dengan 18,2 persen.

Laporan serupa dari GFK menyebutkan bahwa smartphone dengan sistem operasi besutan Google ini telah mendominasi pasaran ponsel pintar di Indonesia yang merupakan market terbesar di Asia Tenggara dengan penguasaan pasar 51 persen.

Dari sekitar 4,5 juta smartphone yang terjual di Indonesia dalam periode Januari-Maret 2013, sebanyak 2,285 juta di antaranya menggunakan sistem operasi Android.

Di negara-negara tetangga seperi Malaysia, Thailand, dan Vietnam; pangsa pasar Android mencapai lebih dari 60 persen. 

Gartner

Secara rata-rata smartphone Android memiliki pangsa pasar sekitar 69 persen di semua wilayah Asia Tenggara.

Samsung menempati urutan teratas di antara produsen smartphone Android lain dalam hal penjualan, menurut estimasi dari Gartner. Sebanyak 31 persen dari keseluruhan smartphone yang terjual sepanjang kuartal pertama 2013 berasal dari vendor asal Korea ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana dengan Windows Phone dan BlackBerry (sebelumnya bernama Research in Motion)? Data Gartner menunjukkan bahwa BlackBerry memiliki pangsa global sebesar 3 persen atau turun dari 6,8 persen pada kuartal pertama tahun sebelumnya. Sementara itu, pangsa ponsel pintar Windows Phone tumbuh 1 persen dari 1,9 persen menjadi 2,9 persen. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X