Untuk Pertama Kali, Windows Phone Salip BlackBerry

Kompas.com - 17/05/2013, 14:43 WIB
EditorReza Wahyudi

Nokia Lumia 520.

KOMPAS.com — Lembaga riset pasar IDC merilis laporan pengiriman ponsel pintar pada kuartal pertama 2013. Ada yang mengejutkan dari laporan ini, Kamis (16/5/2013). untuk pertama kalinya ponsel Windows Phone berhasil mengalahkan BlackBerry.

Selama kuartal pertama 2013, pangsa pasar Windows Phone menyumbang 3,2 persen secara global. Sementara itu, ponsel BlackBerry hanya meraih 2,9 persen.

Padahal, masih menurut IDC, pada kuartal empat tahun 2012, Windows Phone hanya meraih 2,6 persen dan BlackBerry 3,2 persen dalam persaingan bisnis ponsel pintar secara global.

Laporan terbaru IDC ini tentu jadi kabar baik untuk Microsoft. Usaha mereka untuk membangun ekosistem tidak sia-sia. Meski demikian, Microsoft masih harus menempuh jalan panjang dan berat untuk bisa menyaingi Android dan iPhone, yang dalam hal ini keduanya menguasai 92,3 persen pasar global.

Android masih dominan dengan menguasai 75 persen dari seluruh pangsa pasar ponsel pintar yang dikirimkan pada kuartal pertama 2013. Dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2013, pada 15 sampai 17 Mei kemarin, Google mengumumkan bahwa ada 900 juta perangkat Android yang diaktivasi.

IDC memperkirakan, ada 162.100.000 ponsel Android yang dikirimkan pada kuartal pertama 2013, atau naik dari 90.300.000 pada periode yang sama tahun 2012.

Sementara itu, iPhone harus puas dengan raihan pangsa pasar sebesar 37,4 persen. Menurut IDC, pangsa pasar iPhone pada kuartal pertama 2013 turun 17,3 persen karena pengiriman Android yang terus naik dari tahun ke tahun dan semakin banyaknya produsen komputer yang mengadopsi Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.