Kompas.com - 23/05/2013, 17:12 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Engadget Xbox One beserta controller hadir dalam desain baru

KOMPAS.com - Microsoft telah merilis konsol gaming terbaru, Xbox One, pada Selasa siang waktu Redmond, AS, atau Rabu dini hari (22/5/2013) waktu Indonesia. Tentu saja, Microsoft berharap Xbox One bisa sesukses, atau bahkan melebihi, Xbox 360.

Di pasaran konsol game sendiri, Microsoft memiliki sebuah pesaing utama, Sony. Uniknya, perusahaan asal Jepang tersebut juga baru meluncurkan sebuah konsol gaming baru, yaitu PlayStation 4.

Performa dari keduanya memang belum akan ketahuan hingga waktu peluncurannya nanti di pasaran. Namun, dari perbandingan spesifikasi, PlayStation 4 terlihat lebih unggul.

Dikutip dari BGR, Kamis (23/5/2013), keduanya memang sama-sama menggunakan prosesor AMD Jaguar yang memiliki 8 inti dengan kecepatan 1,6GHz.

Sisi keunggulan PlayStation 4 terlihat dari besarnya inti GPU (GPU core). Konsol tersebut memiliki 1.152 GPU core, berbanding 768 yang dimiliki Xbox One.

Daya komputasi konsol terbaru Sony mencapai 1,84 TFLOPS. Sedangkan, buatan Microsoft hanya mencapai 1,23 TFLOPS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PlayStation 4 juga unggul dari segi memori system. Meski sama-sama menggunakan RAM 8GB, jenis komponen yang digunakan Sony masih lebih baik. Xbox One hadir dengan RAM DDR3, sedangkan PlayStation 4 dengan GDDR5.

Dari semua keunggulan tersebut, PlayStation 4 terlihat mampu memberikan tenaga gaming yang lebih kuat.

Berikut perbandingan spesifikasi antara Xbox 360, Xbox One, dan PlayStation 4.

xbox-one-playstation-4-specs

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.